Jumat, Juli 31, 2009

Kupang Keraton

Kebetulan, tak sengaja, beberapa saat yang lalu saya menyaksikan acara tivi tentang masakan khas daerah pinggir pantai, Kupang Keraton. Masakan ini bahan utamanya adalah kupang atau sejenis kerang yang keciiil sekali, banyak dijumpai di pinggir pantai yang airnya agak-agak buthek alias keruh....
Kupang itu dimasak sedemikian rupa, ada petisnya, kemudian disajikan dengan irisan lontong, dan terakhir sesendok sambal bila suka.
Pada saat nonton acara tivi itu, tak ada pikiran saya bakal ketemu dengan jenis makanan ini....kayaknya terlalu khas deh untuk saya cicipi hehe...
Akan tetapi, tanpa diduga tanpa dinyana, pada saat saya berada di kota Malang, lha kok mak bedunduk saya diajak di suatu warung yang menu andalannya ya Kupang Keraton ini! Wah..kaget juga. Bagaimanapun saya harus mencicipi. Ternyata rasanya manis, geli dan...amis!!

Kupang Keraton di warung itu ditemani oleh sate kerang dan lentho ala Malang.

Pertanyaannya: pernahkah dikau mengicipi makanan yang sama sekali belum pernah diicipi dan ada rasa deg-degan saat mengicipinya??

6 komentar:

marsudiyanto mengatakan...

Bahasanya khas, "mengicipi"...
Kok persis bahasa saya ya Mbak.
Knapa bukan mencicipi?.

Saya sendiri terhadap makanan yg baru pertama lihat, cuman pakai instink. Kalau tampilannya menarik langsung saya santap tanpa was2

Arman mengatakan...

lha... kalo kupang lontong mah kedoyanan saya itu!!! dimakan pake lento ama sate kerang... wuiiii enak banget!!!!

tapi gak pernah tau kalo namanya kupang keraton lho. kalo di sby sih ya namanya kupang lontong aja... :D

duh jadi pengen...

Sekar Lawu mengatakan...

lagi lihat udah geli....

mommy adit mengatakan...

nyobain makanan sampe ngerasa deg2an? kayaknya gak pernah deh... nita pernah tuh beli kerang kecil2 spt itu, udah ditumis, dibikin rempeyek, dibikin gorengan.. tetep nggak laku! hayaah.. kayaknya emang nggak tau cara ngolahnya...

Ayik dan Ernut mengatakan...

@marsu: itu namanya jawaglish mas..hehe tos!!

@arman: wow..ketemu arek suroboyo...

@ayik: seorang abdul buthun bilang begitu?

@anita: diberikan ke mas arman aja tuh! hehe

jenny mengatakan...

Saya pernah nyoba kupang keraton di Paruruan, enak tenan yang mbedakan kupang keraton biasanya kupangnya besar besar, tks