Selasa, Juni 30, 2009

Lepet


( ayik & ernut's post)


Ernut, bukan Ernut kalau nggak nyari2in aku kerjaan...maklum dia mahfum banget aku ini pengangguran nggak banya acara. Kali ini Ernutwati mendelegasikan membuat narasi untuk postingan kali ini. Materinya adalah aku harus mengunggah resep dan cara bikin lepet...Lha bingungnya, lepet itu kan bahannya bisa macam-macam, ada beberapa modifikasi resep lepet ini.

Yang paling klasik dan aku kenal sih sebenarnya cuma lepet yang dari singkong. Cara bikinnya juga mudah
Bahan buat bikin lepet kan cuma : singkong diparut, trus campurkan dengan parutan kelapa muda plus vanili. Trus dibungkus didaun pisang, jangan lupa tengahnya diisi gula jawa yang diiris kecil Langsung aja dikukus...jadi deh...Itu tadi lepet ala akyu yang sederhana nggak papai ribet. Murah meriah dan mengenyangken, cucok untuk disajikan bersama secangkir teh ginasthel disore hari.

Lhah kalau sohib ingin resep lepet yang lebih paten, yang dari ketan...coba intip disini....Atau mau yang dari pisang ? disini juga ada... Pokoknya kalau bab citarasa resep sebagai makanan asli Indonesia mah, kagak ada matinya dah....

Nut...nut, ayo, sekali-kali kamu jangan cuma bayar fidyah dunkkk...bikin sendiri 'nape ?


2 komentar:

mommy adit mengatakan...

Kalo di Bandung itu namanya leupeut mbak...

ellysuryani mengatakan...

Persis mbak, di Palembang juga ada ini, tapi namanya bongkol. Kalau lepat (lepet tadi) dibungkus sm daun pisang, bahannya bisa ubi (lepat ubi), bisa jg ketan (lepat ketan). Sudah lama gak makan makanan spt ini, jd kangen mbak.