Sabtu, November 14, 2009

langkah pertama...

-ernut's post-

Kemarin malam, ketika browsing tentang bagaimana memulai suatu bisnis, salah satu nasehat on line yang tertangkap adalah: segeralah mulai, begitu ada gerakan hati ingin berbisnis, jangan tunda sampai greget itu menguap entah kemana..."

Akhirnya, sore ini tadi sengaja berjalan-jalan bersama anak-anak ke Gramedia, berharap nemu ilmu. Seperti yang saya bayangkan, di sana memang segala ilmu ada! Dan seperti biasa, kalau sudah ketemu buku, saya bisa kalap! Saya pilih buku-buku ringan untuk pemula, yang dari judul bukunya kira-kira bahasanya ringan dan lucu, gampang diserap dan yang penting memberikan gambaran awal dunia bisnis yang bagi saya masih bagaikan hutan belantara yang serasa saya gamang untuk memasukinya -maklum, seumur hidup saya ini berstatus sebagai buruh yang kalem-kalem saja dan mengharap gaji bulanan-

Insting saya, buku-buku yang saya pilih ini dapat membangkitkan semangat dan menanamkan percaya diri. Saya belum sempat baca satupun -baru beberapa menit yang lalu belinya gitu loh- tapi saya tak sabar untuk meng-apludnya di sini..karena saya ingin mencatat langkah demi langkah mimpi yang begitu berani tertoreh -ciee bahasanya kok begini...-


" ...bisnis ibu rumah tangga", judul yang inspiring....Begitu buka halaman pertama, terhenyak!, persis seperti judul posting yang saya buat: "perjalanan seribu mil, dimulai dengan langkah pertama". Saya menyukai istilah "mompreneur" di buku ini. Isinya apa? Ntar ya...saya baca dulu...


"Indahnya bisnis suami istri" judul yang romantis. Sekedar tertarik membaca ilmunya, tapi sekaligus bisa menjadi plan B, maksudnya bila Ayik ternyata tidak tertarik berbisnis...bisa dong kita lebih perdalam ilmu dari buku dan berpartner dengan suami...


"langgar semua aturan!"...wah kontroversial, tak sabar melahap isinya...


Beli buku ini murni iseng, memenuhi rasa ingin tahu saja. Saya selalu kagum pada mereka yang mampu berbisnis kuliner, saya jadi begitu curious mengetahui perniknya, hanya tak tahu kemana bertanya...ya udah tanya sang buku saja!


"Do it dan duit!" ...isinya tips dan trik!


"Idiot kaya" ...wah...judul yang aneh! Tapi seringnya orang sukses memang agak aneh-aneh gimana gitu ya...


Ini juga iseng...mborong beberapa buku tipis tentang seni aplikasi. Saya pernah lihat jilbab yang dihiasi aplikasi, lucu dan eksklusif. Hanya persoalannya, saya bukan orang yang bakalan membuat aplikasinya itu sendiri dan saya juga belum ngerti cara mencari tukangnya....barangkali bisa dimulai dari kulakan dulu saja....


Satu persatu buku akan saya baca, ringkasan isinya saya akan catat di postingan berikutnya...untuk pengingat saya dan siapa tahu bermanfaat juga buat sohib bloggers!

Salam mompreneurship!! -halah-

6 komentar:

Sekar Lawu mengatakan...

wah bacanya musti nunggu kamu selesai baca duluan dunk...qiqiqi....aku juga lagi semedi mencari ilham....

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@ayik: tenang yik, aku mbacanya tdk per kata kok...pakai tenaga dalam, jadi bisa cepet! ntar kamu ke Jakarta sesuk ini semua buku sudah kuketahui inti sarinya, janji...

Erik mengatakan...

Bagus-bagus banget bukunya. Dishare ya mbak isinya.
Jadi pingin ke gramedia, dah lama gak ke sana.

Ayik dan Ernut mengatakan...

@erik: insya allah...

ellysuryani mengatakan...

Jadi ketagihan mampir mak. Bukan apa-apa, kelihatannya apa yang kita pikirkan sama. Bulan kemaren saya berencana bikin usaha buat keponakan saya (lebih untuk memotivasi sang keponanakan). Rencananya bisnis jilbab paris handmade yang unik (sulam, bordir, dan payet) dan diberi label nama bisnis kita. Seperti kata mbak Ernut, mungkin kebanyakan mikirnya, akhirnya belum jalan. Mungkin juga karena tadi itu, saya belum punya pengalaman. So, mau liat bisnis mbak Ernut dan mbak Ayik dulu, siapa tau ada pengalaman yang bisa ditimba nanti, jurus-jurus jitu praktisnya, hehe.

Ayik dan Ernut mengatakan...

@newsoul: hehe...kita kok persis ya mbak!...suka salut sama mrk yg bisa berbisnis,... sekaligus penasaran..kok bisa ya? gimana sih caranya?...makanya langkah pertama, saya baca-baca dulu...bisa-bisa kita kerja sama niy mbak, tukar dagangan jkt-palembang hehe...