Selasa, Januari 06, 2009

Gendul jamU

(ernut's post)

Tak disangka dan tak dinyana, saya ketemu jamu bergendul-gendul yang saya jepret ini justru di suatu hotel bintang empat di Semarang, ketika saya ada kegiatan kantor di sana....Jamu-jamu ini disajikan oleh para tamu di main restaurant hotel tersebut...dan tentu saja karena satu paket dengan sarapan..maka gratis duong...pucuk dicinta ulam tiba (senengnya kaluk nemu yang gratis-gratis...). Yang saya suka adalah gendul khas-nya itu..apalagi ditambah dengan tutup yang berupa gulungan daun pisang, manis, tradisionalis dan terlihat higinis..plus sekali lagi...gratis! (sayang para yu jamu yang ada sekarang ini suka pake botol bekas aqua ya..wah saya jadi tidak begitu berselera...)

Sebetulnya saya bukan penggemar jamu, apalagi yang pait-pait...tapi kaluk jamu rasa beras kencur atau rasa asem...wah itu sih oke, soalnya lebih deket ke minuman segarnya daripada ke nuansa jamunya....

Nah mengenai aneka jenis jamu dan khasiatnya, ahli jamulah yang akan menerangkannya. Yik? siap?

(Ayik's post)

Hue'ehhh...., ketiban sampur juga sayanya....

Nyanyi dulu aaahhhh....

Suwe ora jamu, jamu godhong pare
Suwe ora ketemu, ketemu pisan ora suwe...

Suwe ora ngono, ngono ora suwe
Suwe ora kaya ngono, kaya ngono pisan kok ora suwe...

Terjemahan bebas :
Lama nggak jamu, jamu daun pare
Lama nggak ketemu. sekalinyaketemu ee...nggak lama-lama

Lama nggak 'begitu', 'begitu' enggak lama...
Lama enggak 'begitu', sekalinya 'begitu' kok nggak bisa lama..

Qiqiqi...puas nyanyinya, sekarang ceritanya ;

Jamu adalah ramuan khas asli Indonesia yang fungsinya sebagai obat, belakangan kita mengenalnya sebagai obat herbal, karena mayoritas bahan bakunya didapat dari alam nusantara yang konon kaya raya ini ( tapi penduduknya belum bisa dijamin sejahtera...tenan ikii...)
Mengenai jamu-jamuan sebenarnya saya ra patek dhong, wong saya bukan penikmat jamu, apalagi segala jamu yang kaluk diminum bikin muka jadi jelek sangking pahitnya...wah saya nyirik itu...secara, saya tidak bisa menjamin penampilan saya tetap bisa manis nan elegant kaluk lagi kepahiten merasakan jamu cabe puyang yang super duper pahit itu....Oh tidaak.....
Nah, kaluk kunyit asem, atau beras kencur atau jamu rebusan daun sirih, bolehlah....

Sebenarnya, dibalik rasanya yang sungguh tak enak ada banyak khasiat dari jamu ini, tapi entah kenapa biarpun saya sadar sesadar-sadarnya mengenai khasiat dari aneka jamu jawa, kalau masih bisa menolak, saya memilih untuk tidak meminumnya. Titik.

Masih ingat jaman saya masih kelas 2 SD dulu, dari luar rumah sehabis main-main sore bersama kawan-kawan kecil saya, saya langsung berlari menuju meja makan guna mengambil minuman. Eh, ada sebuah gelas berisi penuh cairan pekat berwarna hitam yang saya tengarai itu adalah kopi Bapak saya..., segera saya ambil sedotan plastik yang ada disamping meja dan langsung saya sruput (tepatnya saya sedot) cairan hitam itu yang ternyata adalah...jamu....Jangan tanya rasanya, pahit-getir dan mengakibatkan panas seketika ditenggorokan dan perut saya. Saya sampai menangis berguling-guling karenanya, biarpun ibu buru-buru membujuk saya dengan sebotol greenspot- softdrink merk jadul...qiqiqi... Oh, apakah ini penyebabnya saya jadi tak suka minum jamu ?

Kemudian saya juga masih ingat ketika saya dipaksa dicekoki ramuan jamu pahit yang diperas dalam saputangan Ibu...whueeekkk....serasa pengin muntah, tapi takut sama Bapak yang memegang erat kedua tangan saya( sambil matanya mendelik menakutkan ) sebagai upaya mensukseskan ritual cekokan, kata Ibu waktu itu saya dicekoki supaya saya doyan makan dan menghindarkan saya dari wabah cacingen...ealaaahhhh....

Nah, ada lagi pengalaman saya dengan jamu-jamuan ini, ketika remaja, sebagai upaya Ibu supaya body saya tidak mbedah (gemuk) setelah mendapat menarche (M pertama) , Ibu menyiapkan jamu seduh dari sebuah merk terkenal, judulnya galian singset dan jamu Putri Remaja. Sumpah, sampai saat ini, Ibu tak pernah tahu kalau jamu-jamu itu akhirnya saya buang di keranjang sampah sekolahan saya...qiqiqi...maapken anakmu, Ibu.

Ketika hamil anak pertama memasuki usia 7 bulan, diadakan ritual Mitoni untuk saya dan jabang bayi. Ada satu tahap ritual yang harus saya lalui yaitu minum secangkir jamu pahit...olala, saya tak kuasa menolaknya karena yang membuat jamu dan bertugas meminumkannya adalah Ibunda mertua tercinta...apalagi ada sesi foto-foto saat minum njamu ini...huaa-huaaa...terpaksa saya terpaksa minum jamu pahit itu demi menjaga perasaan para sesepuh dan berjuang bermuka manis didepan fotografer dadakannya...., untung setelah fotonya jadi, wajah saya tetep terlihat manis, wong saya cuma akting saja...tapi...ternyata setelah itu Ibunda mertua bilang jamunya harus dihabisken. Titik.

Tak berhenti sampai disitu pengalaman pahit saya dengan jamu-jamuan pahit, selama 40 hari setelah melahirken, oleh Ibu dan Ibu mertua saya juga dipaksa untuk minum jamu uyup-uyup atau gepyokan , jamu ini dipercaya dapat meningkatken produksi ASi pada ibu yang sedang menyusui. Konon khasiat lain dari jamu uyup-uyup ini adalah menghilangkan BB yang kurang sedap dan 'mendinginken'perut. Buat saya, khasiatnya walaualaam deh...yang jelas produksi ASi saya memang berlimpah hingga anak saya berusia 2 tahun, mungkin karena jamu uyup-uyup ini atau mungkin memang saya suduh' pabrik susu yang produktip dari sononya '...hehe...

Yang anehnya, pengalaman pahit saya dengan jamu ternyata saya turunken juga kepada Karin & Aizs putri saya, yang sejak kecil memang menjadi otoritas YangTinya untuk menggulawentahnya. Saya tak pernah bisa menolak ketika Ibu saya mencekoki kedua putri saya dengan jamu godhong kates supaya napsu makan mereka menjadi lebih baik. Bahkan sayalah yang bertugas memegangi tangan dan kaki anak-anak ketika YangTi mengeksekusi mereka dengan cekokannya...Sungguh, saya memang ibu yang aneh...Maapken Ibumu, nak.

Bicara mengenai jamu yang dijajaken oleh para bakul jamu gendong yang sering kita temui, rupanya ada 'bahasa bakul jamu' tertentu yang tak sembarang orang tahu artinya..., konon jumlah gendul (botol) dalam bakul sang embok2 ataupun embak2 merupakan perlambang status sipenjual. kalau jumlah botolnya genap artinya sipenjual ini sudah ada yang punya, kalau jumlah botolnya ganjil, katanya si embak jamu ini adalah seorang yang single, bisa masih perawan eh gadis dhing... bisa juga sudah jandeee...Begitcuuu....Bener dan tidaknya, cubak deh iseng2 ditanyaken kepada yang bersangkutan, jangan nanyak ke saya...saya bukan bakul jamu, tau'?

18 komentar:

Linda Rooroh mengatakan...

aku sih bukan penggemar jamu2an.. Sekali2nya minum jamu waktu abis ngelahirin anak pertama.. tapi cuman tahan bentaran.. gak uenak, jamunya dari kalimantan berupa bahan daun dan kayu2an yg di rebus sendiri... kelahiran berikutnya udah cuek dehhh

Itu jamu botolan beras kencur cap orang tua.. enak loh.. termasuk jamu gak ? Kalo yg itu aku bisa menikmatinya

Ayik dan Ernut mengatakan...

@Linda;
lhah samaa..., apalagi kaluk pait...huekks...

Jamu beras kencur cap OT termasuk jamu dunk Mbak, yang itu mah enak, apalagi kalau pakai es batu..seger...

Ayik dan Ernut mengatakan...

(ayik)
gendul jamu yang kayak itu, di Triwindu masih banyak lho Nut, harganya 20ribu masih bisa dinego...
aku ora mbhathi wiss...

Anonim mengatakan...

Aku tidak terlalu suka jamu ... taoi lagu itu sangat suka he he

Anonim mengatakan...

wah aku malah baru tahu mbak soal jumlah gendul dan status penjualnya

kalo aku dulu suka minum jamu kunir asem, sambil ngemil bakwan jagung yg diceplusi lombok rawit

Arman mengatakan...

ngomongin jamu jadi inget pas masa kecil. dulu kala, papa mama saya kalo abis makan malem suka pergi beli minum jamu. nah saya sebagai anak yang baik (dan suka ngekor) selalu ikutan. ikutan pergi maksudnya tapi gak ikutan minum jamu lah... :P

nah kalo abis minum jamu dikasih minuman yang kuning2 tuh, biar gak kepaitan, sinom ya kalo gak salah namanya? duh lupa...

nah yang ini saya suka ikutan minta minum. hahaha.

bener gak sih namanya sinom??

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@ersis: berarti nge-fans waljinah ya (sing nyanyi waljinah to Yik?)

@ely: ayik atu aja rahasia para mbakyu jamu ya...jangan-jangan tiap pagi dia keliling ider gendul juga tapi aku ra dilapori, mbak..

@arman: halah, sinom malah baru denger...komenmu sebagai ahli jamu piye yik?

Sekar Lawu mengatakan...

(Ayik)
@ Ersis: Pak EWA pasti suka 'begitu"...Ernut mintak penjelasan, 'begitu' yang gimana kamsudnya Pak ? qiqiqi

@Ely:
kata orang siiih,El. Tapi minum jamunkunyit asem baik lho buat perempuan, kata ibuku siiih...

@ Arman:
Yang kuning kecoklatan itu jamu gulo asem mas, kaluk jamu sinom rasanya kecut agak getar...

mommy adit mengatakan...

ck..ck..ck.. baru ngerti sekarang, arti lagu suwe ora jamu itu.. hihihi... TFS!

Ayik dan Ernut mengatakan...

ayik@mommyAdit:
itu lagu sudah dimodif abis oleh si gemblung ayik...qiqiqi

Boodeznee mengatakan...

Aku kurang suka jamu. Yg bisa ketelen paling beras kencur. Si Rocky tuh yg suka jamu. Ngikutin adikku.

p/s: gendul itu botol ya, Mak? Jadi inget waktu tugas di Semarang dulu, di hotelnya juga disediain jamu kayaq gitu waktu breakfast.

Ayik dan Ernut mengatakan...

lernut@desny: walah jangan2 hotelnya sama..
iya gendul itu botol bahasa jawa kuna hehe

Anonim mengatakan...

jamune naek taraf ya, masuk hotel je.
aku nyoba ngasih anakuu kunir asem, wes kecer2,

Ayik dan Ernut mengatakan...

@kenny:
he'eh, jamupun naik pangkat...kecer2 kamsude apa mbak ? kecer2 jamune amarga ngombene ora tertib apa kecer2 kemecer ngiler ?

Anonim mengatakan...

...mbak, aku coba tanya kebakul jamunya...'kamu sdh punya suami atau masih gadis/ janda...??' ternyata jawabannya....'bukan dua-duanya...!!'....lha wong bakul jamune lanang...!!! ...he..he..he

Ayik dan Ernut mengatakan...

@djoko:
wekekek...Mas Djoko yang pintar....

Anonim mengatakan...

tenan.. saya jadi inget dulu waktu kecil dicekoki jamu godhong kates katanya ben doyan makan.. lha ndak doyan makan karena lauknya pas ndak seneng je.. coba dikasih ingkung pithik goreng.. pasti telap-telep.. :-)

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@arul: cekok jamu godhong kates itu efeknya baru nimbul pdmu skarang-skarang ini...pake pecel ndeso aja sekarang juga udah telap telep to?