Senin, Januari 12, 2009

SotO KwaLi....


(Gambar oleh Ernut, narasi oleh Ayik)


Emang aneh bener sobung (sohib gemblung) ku yang satu ini, bisa-bisanya ngerjain aku yang manis ini dengan sekedar memajang gambar kwali yang konon ada sotonya...tapi ternyata ada juga soto kebul-kebul didalem sebuah mangkok yang rasanya....wow...

Soto kwali, agaknya nama ini diambil dari kebiasaan memasak soto dalam sebuah wadah tanah liat yang lazim disebut kuali atawa kwali. Konon, soto kuali adalah ragam kuliner asli Solo. Tenaneee....
Bukankah banyak ragam soto di negeri nusantara ini, coba kita hitung saja: ada soto betawi (yang kayak apa?), soto kudus (mungkin Ely tahu resepnya), atau soto ambengan yang khas suroboyo. Yang jelas, apapun namanya, Soto adalah makanan asli Indonesia, berkuah dan berempah...nyamleng dimakan segala cuaca, mau hujan mau panas, hayoo ajah...Kalau cuaca pas hujan dan udara terasa dingin, kita makan soto , maka badan terasa hangat...tenan iki. Kalau hari panas, coba pinggirkan kendaraan Anda, masuklah ke warung soto terdekat, apalagi bila jam menunjukkan waktunya makan siang...menu soto akan mengobati perut anda yang mulai ndangdutan, dan tenda warung soto akan melindungi Anda dari teriknya matahari siang...tenan ta ?

Saya sendiri tak ahli masak soto, tapi saya ahli banget kalau diminta makan soto, haiyya....timbang makan doang dan acungkan jempol gaya Pak Bondan lalu bilang Mak Nyusss...maka sang bakul soto puas, yang nraktir saya juga puas....Lho, hobbynya ditraktir toh ? (akeh tunggale, kata ernut).

Di Solo ada beberapa warung legendaris yang sotonya terkenal top abis enaknya, beberapa diantaranya (yang sudah saya jelajahi) adalah Soto Triwindu yang lolasinya di dalam Pasar Klithikan Triwindu, lalu Soto Gading ( Alun-alun Kidul ke selatan arah Grogol), atau Soto Kadipiro, bahkan ada soto Ledokan di Kartosuro yang disajikan dalam mangkuk mini sehingga kita tak akan puas hanya memesan satu dua porsi saja, untuk yang ini, agaknya saya harus meminta Mas Andy MSE buat nraktirnya...piye Mas...omahmu rak cedhak to ?

Satu porsi makanan berkuah itu terdiri atas nasi, tauge, irisan daging sapi ditambah taburan bawang goreng.Setelah itu, ditambah kuah kaldu tulang sapi dengan bumbu bawang putih, jahe, kunyit, daun jeruk, dan daun salam, serta sedikit garam. Irisan jeruk nipis, kecap dan sambal disediakan pula sebagai campuran. Peneman favorit semangkok soto kuali ini adalah perkedel kentang, tempe goreng garing, paru goreng atau empal sapi...jangan lupa, remukkan selembar karak diatas kuahnya....Nyamleng dah...

15 komentar:

lintang mengatakan...

kok koyoke enak tenan yo mbak aku dadi ngiler.

Anonim mengatakan...

Suka benar sih bikin orang ngiler he he

Arman mengatakan...

wah sama dong.. saya juga gak bisa makan soto, tapi paling jago kalo disuruh makan soto! huahahaha.

soto emang maknyus yaaaa... soto apapun. :P

tapi paling mantap (kalo buat saya) ya soto madura lah! tiada duanya.... :)

Anonim mengatakan...

...Soto siji mbakyu...pedes...jangan pakai lama yoo...!!! (aku sdh lapar berat...)

Ernut mengatakan...

ernut@lintang: ilernya dilap dong..

@ersis: setujuu..

@arman: aku soto solo mas, bening gitu loh, berteman tempe goreng...huuaaa (nangis kangen)

@djoko: pakek mangkok gak mas?

Sekar Lawu mengatakan...

(Ayik)

@Lintang:
tak kirimi tadah iler ya, kembaran sama punyak ernut...

@EWA:
Lha iki, tadhah ilere kembar 3...Pak Ersis, saya kirimi tadhah iler jugak...

@Arman:
apapun sotonya, yang penting gratisannya...(Ernut mendelik...katanya " ngisin2i")

@DjokoWA:
Pakai mangkok tapi gak pakai bayar...Toss Mas!

Linda Rooroh mengatakan...

bicara soto, baru minggu kemaren aku ngundang temen2 ke rumah makan soto ; setelah baca postingan mu eh baru inget kemaren harusnya ada perkedel.. pantes rasanya kok ada yg lupa..

tapi yang diundang gak ada yg komplen tuh... pada gak ngeh kali saking lapernya...

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@linda: nggak ada otak gorengnya juga ya? waaa...

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@linda: nggak ada otak gorengnya juga ya? waaa...

Ayik dan Ernut mengatakan...

Ayik@Linda:
kaluk perkedelnya sudah hancur didalam kuah soto yang panas kemebuuul...waaahhh...tambah enyak lho Mbak...Apalagi kaluk aku juga diundang dirumah Mbak Linda...(gratislagidotkom)

mommy adit mengatakan...

nyamleng teh apa ya?

Anonim mengatakan...

ono sate ndog puyuhe ra mbak ? enak makan soto sambil makan sate ndog puyuh

btw, kualine ayu tenan

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@anita: nyampleng itu uenak tenan (red.)

@ely: ho'oh kwaline ayu, nganti sing nduwe ketok eman yen diisi soto hehe

www.herbalpasutri.tk mengatakan...

ada yang punya resepnya?

www.herbalpasutri.tk

Anonim mengatakan...

emang soto kwali solo..khas tenan rasane, bening..tapi swedep.. saking hobinya.. aku nggak hanya jelajah soto kwali lho mbak..tapi kepincut ikut jualan..alias buka warung SOTO KWALI KYAI MOJO..!! Alhamdulillah..lariis manis..! mO NYOBA..? Datengin aja di Jl.Kyai Mojo No.26 Semanggi,Solo .Makasih mbak,& sukses selalu!