Rabu, Agustus 20, 2008

ilmu NaEk



(ernut's post)
paling seneng kalau bisa berkesempatan mendengarkan orang pinter bicara..pasti ada saja ilmu yang bisa kita serap..makin mantap kalau dapat ilmunya gratis pula!
Pagi tadi kita dapat tambahan pengetahuan dari Dr. Naek L Tobing yang kami undang khusus untuk membicarakan serba-serbi tentang remaja dan persoalan serta pencegahan dan penanganan persoalan yang ada serta aneka pembahasan terkait seksologi. Materinya saja sudah bikin para peserta cekikik cekikik...apalagi beliau menyampaikannya dengan bahasa ringan, segar dan terselip aksen bataknya. Meski sekarang sudah kelihatan agak sepuh...tapi karena punya ilmu "itu" maka beliau tetap kelihatan segar dan energik.
Transfer ilmu dari beliau diantaranya:
1. Anak (khususnya laki-laki) bila terlalu kegemukan biasanya alat reproduksinya menjadi kecil. Hal tersebut disebabkan hormon yang diperlukan untuk pertumbuhannya harus disebarkan pula kebagian tubuh lain yang lebih luas dari ukuran anak seumurnya...akibatnya bagian alat reproduksi tadi hanya kebagian sedikit saja dari hormon yang diperlukan sehingga perkembangannya tidak optimal.
2. Apapun background budaya dan agama, no intercourse before marriage is a must!


3. Orangtua dalam memberi nasehat pada anak harus dengan bahasa yang jelas dan terang, jangan sekedar "jadilah anak yang baik" tetapi pakailah bahasa "jangan mau disentuh orang asing", "tidak boleh ciuman", "jangan pacaran"...

4. Nasehat yang terus diulang dan jelas disampaikan kepada remaja kita, akan terngiang olehnya dan semoga menjadikan dia bisa menjaga diri.

Terakhir...sebagai anggota komunitas masyarakat katrok..kami minta izin ke beliau "dok, poto bareng dunk"..dan klik!..klik!

Tidak ada komentar: