Selasa, September 02, 2008

Es degan nan coco pandaN





(ayik's post)
Sungguh bulan ramadhan yang diartikan sebagai bulan menabung ibadah seringkali diartikan oleh sebagian ibu rumah tangga sebagai bulan pemborosan biaya khususnya dalam hal budget thothol menothol.
Bagaimana tidak, ketika tiba waktunya berbuka, pastinya sebagai seorang chef rumahan haruslah memutar otak untuk menghadirkan menu yang memenuhi standar mutu tapi juga memenuhi standar isi dompet. Menu yang disajikan selalu diusahakan berbeda dari menu hari-hari diluar bulan puasa. (Ya iyalahhh....bayi ajah digendong bukan di halahh..., lho kok nggak nyambung...)
Seperti masalah dessert setiap kali tiba waktunya berbuka, akan diusahakan ada yang seger-seger dan manis-manis, secara sipembuatnya kan sudah manis, jadi harus ada yang manis-manis juga dimeja makan.
Untuk bulan puasa kali ini, yang standar yang harus mutlak ada disediakan sebagai stock adalah aneka pilihan syrup dengan beberapa varian, bisa : cocopandan, blewah, melon, lychee. Dengan catatan, aneka syrup ini dibuat sendiri oleh si Ibu ini, tentu. Dengan tujuan utama adalah pengiritan..., wong gampang saja kok cara bikinnya nggak pakai ribet. Tinggal rebus gula pasir dan campur dengan resep syrup siap pakai. Sudah. Gampang kan ?
Nah, kalau cuma syrup nan lugu-lugu acan gituh kan nggak menarik dan kurang menimbulkan selera, maka kali ini, di hari pertama puasa maka modifikasi yang dihasilkan adalah dengan membuatnya sebagai campuran es degan alias kelapa muda keruk. Cukup dengan mencampurkan syrup rasa cocopandan ini kedalam air kelapa muda (asli) sajah, dan silahkan tambahkan es batu sesuai keinginan.Lebih segar lagi kalau kita teteskan barang 2 butir peresan jeruk nipis yang kecut asem itu...
Dijamin suegerrr...............

Tidak ada komentar: