Senin, Desember 22, 2008

GembroT!

(ernut's post)

Sebetulnya agak ndak enak sendiri mengekspos kuliner yang ini..persoalannya terletak pada namanya itu lho... tapi terus terang, saya ndak mengada-ada..keberadaan panganan ini memang nyata. Baru kemarin saya menyantapnya, bersama dengan sepincuk pecel ndeso.


Rasanya enak sih...hanya cara bikin dan dan lain-lain Ayik sudah mengacungkan diri untuk membeberkannya! Ayo silakan Yik, ojo mbok awur ya! qiqi..


( Ayik's post )

Sohib gemblung yang aneh....,

Lagi-lagi saya didhapuk untuk membagikan resep kuliner hasil buruannya, anehnya lagi, saya kok ya mau-maunya...So, sing gemblung kuwi jan-jane sapa ta El ? ( lha kok Ely yang ditanyak, Ely pun garuk-garuk kepala Belahan Jiwa nya di Jerman sana...lho El, kok kepala belahan jiwa mu yang kamu garuk-garuk...qiqiqi....salah area ya El ? )

Jadi begini sahabat blogger, sebenarnya Ernut sengaja mengeskpos bothok gembrot ini karena sesungguhnya kuliner ini memang akrab dengan dirinya. Konon menurut sumber yang dapat dipercaya, daun gembrot atawa daun sembukan juga disebut daun ngentutan...kenapa disebut begitu ? karena (katanya) kalau kita mengkonsumsi ragam masakan berbahan dasar daun ini maka kita akan rajin mengeluarkan aroma tertentu dari suatu area dibawah sana dan biasa nya keluarnya aroma ini akan dibarengi suara-suara dengan nada tertentu yang biasanya mak thuiit (dalam skala kecil)...ataupun mak brottt ......alias kentut...Dan aroma yang dihasilkannya tentu saja....qiqiqi....malu mau nulisnya....sedaaapp...kata Ernut. Sungguh tidak sopan Ernut inih...

Namun, ternyata khasiat daun sembukan atau godhong gembrot ini bukan hanya menangkal perut kembung kebanyakan angin sajah, ternyata masih banyak beberapa khasiat lagi lho, misalnya buat obat demam, disentri, maag ( sudah terbukti pada Ernut), membangkitkan nafsu makan (ingat, bukan nafsu yang lainnya lho , Mas Djoko...) , sakit gigik, menyembuhken herpes (sebagai obat luar).

Untuk ini, mungkin Bunda Dyah Suminar yang pakarnya Toga bisa menjelaskennya...monggo, Bunda... ( lha kok Bunda DS ketodhong jugak...) qiqiqi...


Buat yang penasaran dengan tanaman sembukan (Poederia foetida L.) atau daun kentutan yang masuk dalam Familia Ruhiaceae ini ada gambar mentahannya, gambar ini saya dapat dari sebuah blog juga.

BTW, saya pikir-pikir, Ernut sukak aneh juga, bukankah tanpa gembrot ini dia sudah cukup produktif ngentut ? apalagi kalau dia abis makan bothok gembrot....Ya Amplop Nut, seperti apa ya aroma susuh CK kaluk kamu abis makan bothok gembrot inih ?

Jadi inget iklan jadoel yang dibintangi Diana Pungky dan Kadir, " main gamewatch ( dialek jowo , dibaca : gembot) bikin pusing, dulu gembrot, sekarang langsing..."...qiqiqi...maksa banget dah...!



Sumber gambar : www.mazirwan.blogspot.com

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Salam kenal,
Terima kasih bu karena telah berkunjung ke web blog saya.
Ternyata suka juga dengan bothok ya bu... kalo bikin bothok jangan lupa kasih tahu saya ya, saya juga suka bothok ini :D siapa tahu saya bisa mampir..

Anonim mengatakan...

lah, trus cara bikinnya pegimana, mbakyu?
ehm, tapi klo bisa menyebabkan kentut skala besar berarti sabtu malam aku pantang makan bothok ini, mbak. klo enggak aku bakal ngentutan di gereja lak blaikkk... hehehe...

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@mazirwan: salam kenal juga, tq udah dikunjungi balik

@caroline: lho gereja kok hening? ternyata bukan karena pada khusyuk tapi karena klenger kena efek samping gembrot hehe

Linda Rooroh mengatakan...

hahaha.. duo emak ini emang selalu kompak dan lucu....
btw kalo isinya bathoknya cuman daun thok gak mau ahh, mana pake bonus aroma tak sedap pulak...

icHaaWe mengatakan...

hahaha... bs bikin kentut2..enak dooong... berarti bs bersiin gas2 racun didalem perut.

aku belom pernah nyoba botok itu.

Ayik dan Ernut mengatakan...

@linda: memang gembrot cucoknya hanya untuk ayik kok mbak...qiqi (kabur...)

@icha: kaluk ada keluhan perut sebah, cari aza gembrot ini

Diana mengatakan...

huahahaha, ampuuun deh ulasannya mbak ayik, Tukul aja KO jan!
Emoh ah, aku ra' gelem maem gembrot, secara nama aja udah SARA ngono, blm lagi efek sekeliling (bukan efek samping lagi tho,hehe...)