Selasa, Desember 16, 2008

Seterikan Jago!

(ernut's post)

Pada suatu hari, sekian tahun yang lalu, saya diantar kakak ipar dan mertua berangkat ke Semarang untuk mengikuti Pra Jabatan. Namanya juga akan berada di asrama beberapa minggu, jadi bawaan saya lumayan banyak, wabil khusus kopernya. Pada saat kakak ipar bantu angkat koper itu, dia langsung komen, "buuteet brat banget ini koper, isinya seterikaan jago ya?". Saya ngakaks sambil malu mendengar celetuk spontan itu.

Saya sebetulnya termasuk generasi yang tidak ngalami zaman seterikaan jago. Barang itu hanya saya lihat di toko barang antik, atau di rumah orang dan biasanya sudah tidak digunakan. Setahu saya, untuk menggunakan seterikaan ini, diperlukan arang membara yang dimasukkan ke dalam perut seterikaan yang terbuat dari besi tersebut. Besi yang panas, diharapkan dapat menghaluskan kain yang kucel. Bagaimana ya kaluk baju putih malah kecipratan abu arengnya?

Yang jelas, seterikaan ini berat. Jadi, pantas saja koper yang berbobot tidak lazim dicurigai isinya seterikaan jago ini huehehehe...

Saya nemu gambar tumpukan seterikaan jadul ini di Kampung Daun, Bandung. Apik to?

12 komentar:

Sekar Lawu mengatakan...

ungkapan keheranan orang akan barang bawaan berat saat akan bepergian memang beda2...aku, kaluk liat ada koper besar bin berat pasti spontan ngomong..." Isine ula (ular) ya...", kaluk temenku pasti nanyanya gini " jualan jamu ya ?", temenku yang lain ngomongnya beda lagi, " arep munggah kaji ta ? "

Anonim mengatakan...

heheh...setrikaan jadoel pake arang. tapi yg paling mantab fotonya ituh

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@ayik: memang ada banyak jalan menuju usil..

@penguasa Iowa: penguasa kok mau pinjem setrikaan qiqi..

Anonim mengatakan...

Kampung daun itu dulunya perusahaan Laundry yaa...??? he..he..he (sambil kabur ke Kampung Daun)

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@joko: yg saya ndak ngerti, kok mas joko larinya malah ke kampung daun, to?

Linda Rooroh mengatakan...

baru tau kalo namanya setrika jago.. kenapa jago yaa...?

Anonim mengatakan...

gambare antik ^_^

Arman mengatakan...

pake setrikaan modern aja saya males banget nyetrika. sebulan gak sekali. hahaha. apalagi kalo setrikaan jago gitu ya? :P

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@linda: coba perhatikan moncong setrikaan itu baik2, nah ada patung jagu kluruk khan? itulah jawabannya!

@ely: mborong punya siapa ya segitu banyak?

@arman: ho'oh, suumuk!

Anonim mengatakan...

Wah.. jadi ingat waktu saya masih kecil.. sering disuruh bantuin setrika.. ben alus tidak perlu ditekan ke kainnya .. tinggal dorong.. lha wis abot :-) Kangen bau harum daun pisang gosong.. (hayo buat apa tuh?)

Anonim mengatakan...

aku punya setrika jago loh, mbak di rumah... tapi buat pajangan dan difungsiin buat tempat pernak pernik gitu...

btw, word verifikasinya yang muncul "legam" cukup mendukung postingan ini... *gakpenting.com* :P

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@arul: daun pisang buat lambaran setrikanya to?

@caroline: setrikan jago yg di rumah jangan dibawa-bawa kemana2 ya mbak, abot!