Jumat, Desember 05, 2008

PeleM WulunG...

(ernut's post)

Pelem adalah kosa kata Bahasa Jawa, yang artinya mangga. Sedangkan wulung, adalah juga istilah jawa yang selalu dihubungkan dengan benda-benda yang berwarna hitam keungu-unguan. Contoh pitik wulung adalah ayam yang sekujur badannya dari paruh sampai ceker berwarna hitam (suka jadi bahan request mbah dukun hehe). Senthe wulung adalah tanaman sejenis talas yang mulai dari batang sampai daunnya berwarna hitam ungu. Makin pekat warna di wulung, harga makin mooy!

Tapi kaluk pelem wulung, saya baru denger, baru liat dan baru ngerasain ya kemarin itu..
Saat main ke rumah teman kantor, saya disuguhin mangga jenis aneh ini. Ukurannya tidak besar (seukuran mangga talijiwo), rasanya ada unsur nyegrak dan getir (mirip kweni)...dan warna hitam keunguan! Bagi yang tidak ngerti riwayatnya, mangga ini sepintas dikira mangga busuk, padahal kaluk dipegang, bodinya sekel dan warnanya memang demikian dari sononya...

Karena bentuknya yang imut, maka agar daging mangga dapat dinikmati secara optimal, cara mengupaspun ada tekniknya. Belah-belah dagingnya (jangan sampai terlepas dari pelok-bijinya), kemudian kupas kulitnya mulai dari ujung, kulit tarik ke bawah perlahan...siapkan mulut dan slruupp!! goyangkan lidah, nikmat! Lanjut ke belahan berikut.

Nah, pernah makan buah aneh?

13 komentar:

Anang mengatakan...

memandang gambar menjadi ngiler sayah..

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@anang: yik, mas anang perlu dicepaki tisu..

Sekar Lawu mengatakan...

Nut..., aku yo heran sama kamu dan aku sendiri...pada saat ini sesungguhnya aku juga sudah siap mau posting buah yang sama dengan yang kamu posting, pelem wulung ! kemaren ada kiriman dari kanca lawas....
Waahhhh...kedhisikan kowe yak ?, memang kita ini aneh....(ngelus2 dada)...jangan2 memang jodoh...

Anonim mengatakan...

buah naga merah (pitaya) dikasi sama temenku chinese waktu di jakarta. katanya itu buah khas china meski asalnya dr amerika selatan. rasanya gak enak

Anonim mengatakan...

kayaknya aku kok belum pernah liat pelem wulung yo mbak, rasayanya enak mana dibanding pelem gadung ?
wah dadi pengen mangan pelem wulung, pelem ndong, pelem kweni, pelem lalijiwo , weh neng kene jenis peleme mung siji mbak, imporan lagi, tapi yo lumayan nggo tombo kangen

Anonim mengatakan...

kali ini nggak ngiler, barusan beli mangga jg meski bukan wulung :D

Anonim mengatakan...

Belum pernah lihat.. apalagi makan tuh pelem... hmm lagi sakit tenggorokan, koyone ndak cocok deh makan yang nyegrak-nyegrak:-) Aku kangen makan buah kepel yang tumbuhnya di batang.. hayo...tau ndak?

NoRLaNd mengatakan...

Bentuk nya... ga terlalu enak..
Tp waktu baca artikel nya... mala ga berasa, jd laper >.<

Linda Rooroh mengatakan...

wah kalo gitu saya suka naksir kalo ada yang pake blouse wulung..qkqkqk..
makan buah aneh...gak pernah nut.. saya tipe konservatif gak suka aneh2 sihh...

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@nita: lho buah naga itu enak nit, apalagi yg merah (lebih mahal dr yang putih), rasanya krenyes-krenyes dan bagus buat menurunkan tensi..konon.

@ely: kaluk rasane...hehe..menurutku lebih enak pelem manalagi mbak..ini sengir gitu loh..

Ayik dan Ernut mengatakan...

@kenny: di Penang mangga yg ada jenis apa, mbak?

@arul: yik, buah kepel apaan ya? ada PR dari Arul neh..

@norland: emang sih, banyak yg ngira buah busuk!

@linda: jd wulung warna favorit mbak lind, gitu po?

Anonim mengatakan...

Belum pernah makan saya, rasanya pasti uenak tenan. Dari gambarnya aja keliatan, eeecchp ngiler he..he..

Anonim mengatakan...

baru tau aku, mbak klo ada pelem jenis ini. jan ndeso tenan yo? ato terlalu kota? hehehe...