Senin, Desember 22, 2008

Sepincuk Pecel Ndeso..

(ernut's post)

Wiken kemarin ini saya di solo, hanya sayang seribu sayang ndak sempat kopdar-an dengan sohib gemblung saya, Ayik, disebabkan dia sedang sibuk berat dengan kegiatan sosialnya, sementara waktu saya berada di Solo juga sangat terbatas. Tapi, meski tidak ada waktu ketemu Ayik, saya ada waktu jajan pecel ndeso, yang banyak dijajakan di pinggiran Lapangan Manahan. Lapangan Manahan dapat saya saya capai dengan jalan kaki saja dari rumah ibu, cedak khan?

Inilah penampakan pecel ndeso itu, terdiri dari aneka rebusan sayur mayur, diantaranya daun kenikir, daun pepaya, daun singkong, daun kangkung, daun bayam, jantung pisang, toge (togenya ada dua versi, versi rebus dan versi fresh...yang rebus bersuara nyes-nyes kaluk dikunyah, yang mentah berbunyi krius-krius..)...kemudian masih ada daun kemangi dan...mlanding! alias petai cina.

Bumbunya dua macam, bumbu pecel yang berwarna kehitaman (kenapa hitam? apakah karena ada wijennya, Yik?) dan bumbu dari parutan kelapa (seperti bumbu urap).


Pecel tersebut disajikan dalam pincuk, atau piring dari daun pisang, bersama nasi merah. Sebagai asesoris peneman pecel ada pilihannya: bongko, gembrot atau karak. Saya pilih tiga-tiganya...(wah, maruk..lha iyalah..kapan lagi sih?)

Nah, apakah ada yang cleguks?

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Waduh.. ini cita-cita saya makan pecel ndeso... belum kesampaian juga.. Saya diajak dong, ditraktir pecel ndeso.. :-) Clegukksss...

Arman mengatakan...

dulu kalo makan pecel cuma suka nyocol krupuknya (krupuk puli) pake bumbu pecelnya.. hehehe

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@arul: ayo ke Solo, ntar tak traktir sak waregnya! (murce ini qiqi)

@arman: cara makan pecel yg aneh...

Anonim mengatakan...

ah, jadi cleguk... kangen makan pecel pincuk... tapi belom pernah makan gembrot dan bongko... :(

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@caroline: sehat n murce gitu loh

icHaaWe mengatakan...

duuuhh...nelen2 ludah...
emang peel ndeso itu...bumbunya emang terasa beda dilidah.
aku jd inget lotek warung depan rumah sodara di cilacap plus mendoan gorengnya .... bikin aku bulak balik seratus kali sehari ke warung ibu itu...heheheh..rakuuuus

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@icha: khas makanan daerah di daerah: murih..