Sabtu, November 08, 2008

DUWET...


(ernut's post)


Tadi pagi ada perlu ke pasar Mayestik, Kebayoran Baru. Nemu sesuatu. Nah...gambar gelap item ini sebetulnya gambar segerombolan buah yang di masa kecilku ku sebut duwet. Setelah di Jakarta, temenku ada yang menyebut juwet dan orang Betawi menamainyanya dengan buah jamblang! Seingatku, terakhir aku makan buah ini adalah 32 tahun yang lalu, saat masih SD. Nah, Yik, bagaimana kenanganmu dengan duwet ini? Berikut laporan Ayik....

(Ayik menggumam)

Lha wong nemu duwet kok sambat urun posting...kawan yang aneh...

Duwet ini sepertinya pantas juga disebut anggur jawa, anggur nya disebut dengan kenceng, jawa nya di bisik-bisik...qiqiqi...lhoh ada apa dengan jawa ? apa tidak merasa elegan kalau asalnya dari jawa ? nggak mau jawab ah.....

Jujur, duwet ini ada diurutan kedua setelah buah jambu monyet, sebagai buah yang paling aku tidak suka. Lha rasanya cenderung sepet dan bikin tenggorokan seret, belum lagi kalau tanpa sengaja isinya tertelan, bikin klelegen...kkkh...kkkh...Apalagi kalau getah buahnya kena dibaju, warna ungu suka susah ilangnya. Juga dibibir, bikin bibir berwarna keunguan, kalau yang suka sih bilang makin seksih, tapi buat yang bukan penggemar ungu serasa liat lampor...qiqiqi

Aku masih ingat, waktu kecil dulu, aku pernah kicir karena tertelan isi duwet gara-gara kesayikan mengulum duwet sambil ngobrol, akupun panik stadium lanjut, akupun menangis hingga ibu terpaksa turun tangan menenangkanku dengan kata-kata begini : "sudah jangan nangis, nanti kaluk kamu nangis malah thukul lho duwetnya...", ajaibnya, aku percaya, dan terdiamlah aku dari tangisku...
Tombol tenan ya aku, kaluk kejadian itu terjadi sekarang pada anakku, pasti akan dijawab dengan santainya " biar ajah thukul dikepalaku, tinggal petik buahnya..." qiqiqi...aneh..

Kawans, aku punyak tips menikmati buah duwet dengan nyaman; tambahkan garam halus atau gula pasir untuk mengurangi rasa sepetnya.

BTW, dipasar dekat rumah kaluk lagi musim banyak yang jual duwet lho, Nut. Sekilonya cuma 1500rupiah. Mau ?

ctt: Tombol = tolol & bodoh (kamus 2Kribo)

15 komentar:

Haris mengatakan...

ya mbak duwet itu sepet banget, saya suka tambahin garam atau gula.

Di palembang belum pernah nemu.

Anonim mengatakan...

di kampunku sono orang bilang juwet mbak

Anonim mengatakan...

kirain duet nyanyi ituh
duwet yg ini aku baru tau

Ayik dan Ernut mengatakan...

(ayik)

@erik: kaluk di karanganyar masih buanyaak Mas, kaluk mau kesini ajah...

@ely:juwet,duwet,anggurjowo...podho wae...

@nita: lhah Nit, belum pernah ketemu duwet yah ? dapat salammmm

Anonim mengatakan...

ohh jamblang tho, wah udah puluhan tahun gak ketemu wujude

Ayik dan Ernut mengatakan...

@kenny:lha dalahh...ketemu jamblang ta akhire...bisa bayangkan rasanya gak mBak ?

Jenny Oetomo mengatakan...

Juwet atau anggur jawa memang sepet sepet enak sampai saat ini belum pernah makan lagi, salam

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@jenny: aku juga ndak begitu doyan, cuma buah itu memang antik..

Anonim mengatakan...

waaksss.... saya kira sudah punah, ternyata masih ada to?? Luamaaa banget gak nemu itu buah...

icHaaWe mengatakan...

oh itu toh yg namanya buah jamblang..aku pernah denger doang..tp belom pernah nyoba.
sekilas mirip buah kurma yg masih segar...ternyata bukan yah

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@Rul: aku juga heran lho nemu penjualnya di pasar..brarti masih ada yg beli juga ya (jelas ada, lha ini duo kribo juga beli!, o iya ya?)

@icha: weik..kaluk di banding dg kurma mejol ya juauh mbak..

Arman mengatakan...

di surabaya kita nyebutnya juwet.

saya sih gak pernah makan ya tapi punya pengalaman gak enak ama juwet. jadi ceritanya pas masih kecilll banget dulu, pas lagi main di halaman rumah, tau2 ada anak2 kampung lewat trus nyambitin juwet.

untung kakak saya ngeliat dan dia langsung ngambil sarung tinjunya (hehe dulu dia punya sarung tinju padahal cuma buat mainan doang) dan ngancem anak2 itu kalo mau ditinju. kaburlah anak2 kurang ajar itu.. hahaha

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@arman: bener2 untung ada saya ya kata si kakak!

Anonim mengatakan...

aku ga doyan duwet... sukanya talok... *sopo sing takon* :P hehehe...

Ernut mengatakan...

ernut@CS: burung greja juga suka talok, mbak!