Sabtu, November 08, 2008

TakuT Kopi....

(ernut's post)

Semalem hujan deras...wah..enaknya ngapain ya, pikir saya. Akhirnya observasi ke dapur...dan sebentar kemudian..hmm..aroma harum dari dapur tercium. Aroma kopi plus creamer dan taburan granule di atasnya...seddep dan anget!

Saya termasuk jarang minum kopi, apalagi kopi hitam tanpa campuran apa-apa itu, nyaris tidak pernah. Kopi hitam kesannya strong banget, dan tiap bahas tentang kafein saya langsung memikirkan ke suatu yang tidak boleh banyak-banyak.....dan kebetulan orang-orang yang saya kenal suka kopi adalah kakek-kakek hehehe..

Padahal, konon kopi sebetulnya biasa aja ya? Ahli nutrisi mengatakan kafein yang terkandung dalam secangkir kopi adalah 90-150 mg, sedangkan dosis aman kafein dikonsumsi (tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan) adalah 250-600 mg per hari.

Akibat buruk kafein baru timbul pada takaran asupan 10 g per hari...yang kira-kira untuk seseorang dengan berat badan 5o kg minum 30 cangkir lebih kopi dalam sehari...

Nah, anda penikmat kopi? berapa cangkir anda habiskan per hari? Bagaimana sensasi setelah menenggaknya?

(referensi ilmu: reader's digest Nov 08)

17 komentar:

Anonim mengatakan...

wah.. aku nggak suka kopi,.. takut tambah ireng :-p

Anonim mengatakan...

udan2 penak'e yo kelonan (hora ngosek :D)
aku tms penggemar kopi bisa hitam bisa campuran tapi bukan tms yg pahitan, kadang bisa ngupi sehari 3 cangkir.

btw, itu aquarium blm abis didandani baru 1/2 dandan, ikan blm sempat dimasukkan cuma udang tapi untung udangnya bisa cepet2 dislametke.

met malam mingguan!!

Haris mengatakan...

Kalau saya mbak, minum juga kalau disuguhin. Kalau di rumah, pas lagi ingin aja.

BTW, ada award dan PR buat mbak ayik dan mbak ernut. Mampir ya..
Diambil awardnya, dan PR-nya dikerjakan lho.

Masing-masing mengerjakan PR-nya. Gak boleh saling contek ya.. he.he.he

Saya tunggu di pondokku.

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@aruL: lho kamu item to, tapi manis bukan?

@kenny: hidup kupi!

@erik: gak boleh nyontek? berat juga ya...

Haris mengatakan...

wahhh belum ada tuh mbak, yang mana pr dari mbak Nita?

Harus di posting ya, masing-masing satu posting...

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@erik: hehe..pak guru rajin deh..tenan iki mas, monggo ditiliki di katagori "award dan PR" deh...(kabuur...takut dapat PR lagi...dasar murid bandel)

Anien mengatakan...

walaupun gak suka kopi, cuma kadang kadang...tapi postingan ini membuat teori ngopi bikin tambah sakit...itu keliru ya. kalau orang didaerah Banyumas sana ,kalau belum ngopi...rasanya belum sreg..dan jadi obat kesel serta teman ngobrol di desa desa..

Jenny Oetomo mengatakan...

Memang ngopi bikin susah tidur bagi saya apalagi kalau sudah diajak nongkrong sama teman di Kedai Kopi Aceh yang terkenal, alamat malam pasti jadi kalong, Salam

Anonim mengatakan...

sensasi setelah menenggak kopi ? pusying mbak, jadi aku lebih suka nyerutup teh ^_^

Anonim mengatakan...

meski penggemar kopi tapi saya berusaha membatasi 2 mug saja perhari

Ayik dan Ernut mengatakan...

@anien: anien sendiri suka ngupi nggak?

@jenny: saya pernah minum kopi sore-sore akibatnya malem melek, tapi pernah minum sore-sore juga dan bisa tidur biasa aja...kenapa bisa beda2 gitu ya!

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@ely: tapi suami suka minum kupi ya mbak kaluk sore?

@nita: waa...2 mug sehari lumayan juga tuh...kaluk aku 2 mug seminggu..

icHaaWe mengatakan...

aku lbh doyan minum teh susu mbak.
tiap sarapan satu mug gede, makan malem jg satu mug gede... :)

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@icha: aku sering nge-teh tarik, teh susu ama teh tarik sama ndak sih mbak?

Linda Rooroh mengatakan...

minum kopi kalo lagi susah pub doank.. hehehe... abis itu pasti lancar deh setorannya...

Anonim mengatakan...

aku penggemar kopi susu, mbak... tapi membatasi sehari sekali ajahh... biar ngirit. *pelit mode:ON*

Ernut mengatakan...

ernut@linda: eh itu kejadian pula padaku lho mbak..kok kita sama ya? Tos!!

@CS: pelit pangkal ngirit...