Senin, November 03, 2008

Memory tentang tanK



(ayik's post)
Pagi tadi dalam perjalanan ke pasar, mata tertumbuk pada pemandangan yang tak biasa, dekat kantor KPUD terparkir beberapa kendaraan lapis baja, bentuknya seperti gambar diatas ituh...apa ya namanya, mungkin panser.
Gara-gara melihat panser itu, kenangan kembali melayang diabad lalu...qiqiqi...nggak dhing, saya belum setua itu kali, tepatnya kenangan saya melayang pada kenangan ditahun 70an, ketika itu keluarga kami masih menghuni asrama Batalyon 2 Kavaleri serbu di Magelang. Secara, Bapak saya adalah seorang sorodadu yang ketika itu berpangkat Peltu. Umur saya masih sekitar 5 tahunan, maju mundurnya...,saya masih duduk dibangku TK ketika itu.
Pengalaman yang paling tidak bisa saya lupakan sehubungan dengan kendaraan berlapis baja itu adalah, ketika secara periodik setiap hari para om-om tentara akan memanasi mesin tank dan panser. Karena jumlah kendaraan berlapis baja di YonKav lumayan banyak, maka para tank dan panser akan bergiliran dipanasi dengan cara dijalankan berkeliling kompleks asrama. Dan kami para anak kolong (anak trentara penghuni asrama) dengan riang gembira dan sukarela akan naik kedalam tank dan panser yang dikirab keliling asrama...
Sekarang, aku sadar banget, pengalaman itu tak akan pernah lagi terulang...Pengalaman ini menjadi pengalaman yang sangat berharga dan tak akan kulupakan...apalagi, setahuku...belum ada diantara kawan-kawanku yang pernah merasakan pengalaman serupa...aku merasa istimewa...qiqiqi...lebai banget yaa....
Kesan saya ketika berada didalam tank atau panser itu adalah....gelap dan sumuk (gerah)...ya iyalah.....namanya juga kendaraan perang jadoel...aku nggak tahu apa memang waktu itu gak ada lampu didalam tank itu atau lampu sengaja nggak dinyalakan sama om-om operatornya...Yang jelas tank & panser jadoel itu nggak ada AC nya...
BTW, kendaraan lapis baja jaman sekarang dipasangi AC nggak ya...?

(ctt: gambar bawah adalah foto jadoelku diatas tank bersama Bapak dan seorang sepupu..tebak, yang mana saya ?)

10 komentar:

Anonim mengatakan...

Yang pinggir ya?? (PD aja kali nebaknya..) Kalau bener dapet hadiah Tank ya? Thanks maksude... :-p

Haris mengatakan...

Wah, enak juga ya pernah naik tank dan panser ya..
Kalau aku, waktu kecil suka ikut pesawat AURI yang lag1 melakukan foto udara di Bali.

BTW, kenapa ya ada istilah anak kolong, dulu juga saya sering denger kata itu.

Ayik dan Ernut mengatakan...

(ayik)

@Rul: bener...! maniss kan ?
(kata Ernut: manisan juga akuu....!)
Hore...Arul dapat hadiah thanks....

@Erik:
keren kan pengalaman saya...? lumayan bisa buat cerita untuk anak cucu dan blogger...qiqiqi....lebai banget yah...

Saya juga gak tahu kenapa kami anak sorodadu sering disebutnya anak kolong...mungkin dulu karena bapaknya bikin anak dikolong (meja,ranjang)...sambil berlindung , kan lagi ungsum perangg.....qiqiqi....

BTW, apakah sampeyan juga anak kolong,. Mas ? kok bisa ikut pesawat AURI...

Ayik dan Ernut mengatakan...

(enut)
aku ndak berani komen apa2...takut di bombardir...

Jenny Oetomo mengatakan...

Wah wah lagi bernostalgia naik tank ya, sampai saat ini tank ngak ada ac nya , sehingga sumuknya bukan maen, Salam

Ayik dan Ernut mengatakan...

@Mas Jen: thx infonya ,Mas...jadi, teknologi Ac tidak merambah kendaraan tank ya....wah, ogah ah kaluk harus naik tank lagi...

BTW, apa Mas Jen ini sukak naik tank juga di NAD sana ?

Anonim mengatakan...

tak kiro mbak Ernut iku sing tengah jebule sing pinggir tho

keren pernah mejeng di tank

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@aly: lho khan mbak ely agak mengawur..yang tank ini dunianya ayik mbak...aku ndak ikut-ikut..(aku di gambar ora ketok, lha wong aku sing nyopir tank-nya...jadi di dalem!)...qiqi

Anonim mengatakan...

ealah .... makanya kalau yg dipinggir itu rasanya nggak mirip deh sama mbak ernut, jebule mbak ayik tho yg bikin post ini

lha kalau mbak ernut bilang yang nyupir itu sampeyan ya malah tambah ngawur donk kekekekekkk , mosok iso wong seh cilik

Ayik dan Ernut mengatakan...

(ayik)
@ely: buat ernut, apa sih yang nggak bisa.....halaah....