Selasa, Oktober 14, 2008

Garang AseM!


(ernut's post)

Salah sekian dari kuliner khas jawa yang menjadi favorit adalah ini: Garang Asem. Penampilan apalagi rasa jauh dari garang...tapi kalau asem, memang iya...sedikit. Yang unik, kuliner berkuah ini dimasaknya dengan cara dibungkus daun pisang...jadi..bisa membayangkan khan betapa sedep aromanya? Pernah, pada saat saya punya susuh di Semarang dan mendengar ada warung yang terkenal dengan sajian garang asemnya di Kudus sana (Kudus?....wah jadi mengingatkan seseorang...seseorang yang suka manuk! Siapa Yik?), maka dengan penuh semangat saya dan keluarga mengejar garang asem itu dari Semarang khusus ke Kudus sana. Warungnya memang ramai, dan setelah berjuang antri...kitapun sukses mencicipi garang asem Kudus itu. Puas..puas!

Pernahkah kawans mengejar suatu kuliner?
Kenapa? Dimana? berapa harga? (idih..nanya harga segala)

Bagaimana cara bikinnya? ng...ng...(clingak clinguk agak bingung...dan akhirnya..) Yik...tulung Yik...(perkenalkan: koki Duo Kribo).


(ayik's post)
Ngekx !...asli, jam 19.30 tadi malam sebagai ibu yang manis saya sudah mau berangkat bobo', sudah cuci tangan dan kaki, sudah shalat isya',sudah pakai krim malam,sudah nyetel weker buat bangun tahajjud nanti, tiba-tiba ada sms masuk : bunyinya, "kowe iso masak garangasem?", wah dari kawan ernut neeh, aku pikir Ernut mau bikin masakan khusus yang di request Papi Oen buat ultahnya. Ya wis, aku sms buru-buru, takut napsu ngantukku keburu ilang :
"Ayam digoreng 1/2 mateng, tumis bumbu2 irisnya (bawang merah-bawang putih-lombok ijo), masukkan ayam dalam tumisan, tambahkan santan encer,gula jawa,salam laos dan serenya. kalau sudah agak asat, tambahklan santan kentalnya, cemplungken tomat mentah (yang hejo) dan cabe rawit utuh, biarkan sampai mateng.... Iki request nya Mo ta, Nut"
Ketika sms terkirim, kata Ernut : " buat posting Garangasem, kowe bagian resepe,aku bagian qiqiqi...ne..."
" Jabang bayik, Nut...penyakit gila no:5 kiii..., tiwas sms entek 2,rugi bandar..."

Catatan;
resep Garangasem diatas yang versi "wajan" artinya tidak dibungkus daun pisang. Kaluk yang versi "tum-tum"an, semua bumbu dan bahan dicampur sajah,langsung dibungkus daun pisang, lalu dikukus didandang.....gampang tenan toh?


8 komentar:

Anonim mengatakan...

warungnya kalau dr arah semarang yg disebelah kiri itu tho mbak, di jln AKPB Agil kusumadya, wah .. itu warung memang lecker tenan, pernah aku maem garang asem di sana, harganya oke, makanya yg ngantri ngular

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@ely: hoorrok..betul mbak, weleh senengnya nemu orang yang ngerti bener maksudku..tos, mbak! I lop yu...

Anonim mengatakan...

pernah baca resep ini. bikinnya gampang yak. tapi kalo di sini kayaknya aku kudu tuker bungkusnya dg alumunium foil. soalnya daun pisank syusyah harus impor dulu dr filipina

aku pernah ngantri beli gelato di canada sampe kepala nyut2an waktu summer, soalnya panaas...ngantrinya sampe ke jalan gitu

trus barusan ini ngantri lagi beli roti belanda di sini. ammpuuun deh ngantrinya 30 menit tapi makannya cuma 5 menit

Haris mengatakan...

Wah aku kira sayurnya garang... garang karena sangat pedas.

Boodeznee mengatakan...

Aku suka garang asem. Ternyata bikinnya gak susah ya. Coba ah.

Ngantri beli makanan? Pernah dulu waktu McD baru buka di Sarinah. Ngantri berjam2 buat beli Big Mac.

Ayik dan Ernut mengatakan...

@nita: terangin dong gelato itu apa..

Roti Belanda? kayak apa bula ya?

Ayik dan Ernut mengatakan...

@erik: kaluk mas erik hobinya sudah mpek2 ya?

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@desny: dicoba ya mbak..ntar kaluk pas masak saya dikabari...mau ikut ngicipi gitu..