Jumat, Oktober 10, 2008

Kuliner Ngangeni...

.
MIE JAWA GODOG..

Pada saat mudik kemarin...puas-puasin deh kita menumpahkan kekangenan pada kuliner daerah yang ngangeni setiap saat...Salah duanya ya ini.

Mie jawa rebus menjadi menu favorit mudik. Kebetulan, setiap malam, di depan rumah Yangti selalu lewat penjual mie jawa ini. Jadi hampir tiap malam juga, kita cegat gerobak mie dan kami pesan mie godognya. Mie godog atau mie rebus menjadi pilihan (sebetulnya si abang sanggup juga bikin mie goreng), karena kuahnya yang terasa seger dan anget...sungguh pas dinikmati sambil ngobrol di teras...sambil nggelar tiker..

Mie ini bumbunya standar dan sederhana saja, cukup bawang putih dan mrica...onderdil tambahan juga sekedar beberapa suwir daging ayam, irisan kol, telor kocok dan lalap timun..plus finishing touch berupa taburan sejimpit bawang goreng.

Jadi, apa yang bikin sedep? Barangkali suasananya, nyantainya...dan tinggal order-nya! Oya, dan cabe rawitnya yang mak-ceplush!lapar

.
KARAK...

Pujaan yang lain adalah karak. Ini sebetulnya kerupuk gendar. Rasanya gurih kemripik, sangat cucok untuk temen lauk baik yang berkuah maupun yang keringan. Saking senengnya kita, makan nasi goreng berteman karak. Makan sup-pun berteman karak pula. Bahkan, suamiku...saat nyopir di arus balik, camilan di sebelah kopling adalah seplastik besar karak (hanya akibatnya..sampai Jakarta dia batuk berat...jangan-jangan ini karak di goreng pakai minyak jelantah ya...hhiii..)xpasti


Kalau anda, kangen pada kuliner apa saat ini, dan mengapa? lapar

14 komentar:

Haris mengatakan...

Hemmm kayaknya enak banget ya..

Kalau saya pingin apa ya... wah gak tau deh... soalnya gak lagi ngidam..he.he.he.

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@erik: qiqiqi...akhirnya...mas erik komen lucu juga! Sip, mas, tq! Soalnya kaluk keseringan diajak serius, DouKribo ini malah minder...dan ujung2nya pening2. Tos!

Anonim mengatakan...

diriku skarang sedang kangen masakan padang, spt rendang, dendeng pokoknya yg pedes2...juga kangen ayam kremes, gudeg, bakmi GM, asinan bogor, mie bakso, siomay, batagor, capcay, kwetiaw medan, ikan goreng ala sunda, sayur asem, nasi goreng ikan asin, kue2 kayak semer mendem, lemper, risoles, nastar, singkong goreng juga...wadow daftar nya masih panjang to be continued besok2

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@lintas: tq komen supportif-nya...Lintasberita? wah, baru denger..(nanti kami coba pertimbangkan...).

@ayik:...Yik..tentang tawaran dari Lintas, bagaimana nih? aku takut nih...jangan-jangan kita disuruh ngapa-ngapain disana? jangan-jangan dites dulu? Kaluk kita ndak bisa jawab piye? Kaluk kita disana ndak krasan, kangen ibuk, pingin pulang piye? aku wedi..Yik...(qiqiqi..malah curhat perasaan TKW).

Ayik dan Ernut mengatakan...

Ernut@nita: Ngeks! Mbak Nit...kaluk liat panjangnya daftar kulinernya...itu sih bukan hanya kangen..kayaknya mbak nit perlu MUDIK! secepatnya...Ayo kapan ke jakarta? Ntar kaluk bonyok dan abang pada sibuk, aku syap nganter lho. Pertama ke Kramat Tunggak dulu to? qiqiqi..

Ayik dan Ernut mengatakan...

ayik@lintas:qiqiqi...jangan dites ya Mas Lintas, ntar kitanya ndadak perlu belajar dulu semaleman,ntar malah kitanya teler sebelum nggarap tesnya...
ayik@erik: wah, makan karak nggak perlu nunggu istri ngidam lho Mas...sik...sik...sudah beristrikah ? (apa maksudnya?), maksudnya kalu mas Erik yang ngidam kan aneh to ?
ayik@nita: coba Nita ini suruh buka kuliner 2K, disana banyak vocab makanan nDesa jawa yang aneh dan asing, pasti tambah deh daptarnya
ayik@Nut: nut, siap2 nyuguh nita kalu mudik nanti, jangan cuma ke KT ajah, ajak juga dia ke At Tin buat taubat...wakakak...(eh Kt dah jadi IC kok ya?)

Anonim mengatakan...

eh mbak, aku juga kemasukan komentar spt lintas, tapi namanya lain, sering juga liat komentar2 itu di blog2 lain, kalau aku sih malas ngeklik link nge , lha wong aku iki ngeblog just for fun kok

sepiring mie godoge saiki pro regane yo mbak ?

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@ely: mie godog sepiring limang-ewu, mbak...tapi pas malam terakhir..kok taripe nem-ewu..apa krn bakule memang yang terakhir ini rodo bagoes ya..qiqiqi..

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@ely: oya ttg lintas brita..waa kluk mbak ely gabung pasti makin bajibun tuh komennya. Tapi salut lho bhw mbak ely ngeblog ini ada tujuan, for fun! Lha aku sama ayik ni malah ndak ngerti tujuan nge-blog kita ki opo.. qiqiqi..(piye to mbak..aku karo ayik ini kok begini...)

Ayik dan Ernut mengatakan...

ayik@ernut@ely:ho'oh kii...tujuan kita ngeblog ki apa ya Nut ? wah bahan bagus buat diposting neeh...
tapi gara-gara ngeblog kita bukan cuma tercemar...eh terkenil, tapi juga jadi tahu bahwa ada negoro yang namanya njerman yang disana ada Elys van kudusnya, negoro Iowa yang mengandung bloggernita,ada dimas erik, ada BundaDyah yangpunya nYokya,MbakTuti(-K)diYokya...coba kalu kita nggak ngeblog, yang kita tahu cuma Ck dan dalemBadran doang...

sentosa77 mengatakan...

Salam..
Aduhai.. mesti sedap Mee jawa tu.

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@zaidon: nanti kalau zaidon ke Solo, saya traktir mie jawa, oke? Kapan?

icHaaWe mengatakan...

ngiler euuuy aku...
tapi mie jawa ini bikinnya hrs mie basah siy yah... disini gak ad ayg jual..pdhl pgn banget bikinnya

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@icha: wah...di Mesir ndak ada mie basah ya, kasihan juga..
tapi pakai mie kering juga bisa koq, ..apalagi kaluk bisa nemu mie kering yang bentuknya gepeng, udah persis deh..coba aza mbak, ntar kaluk berhasil di posting ya..