Senin, Oktober 20, 2008

KenTang IrenG..

.
NGIDAM?


(ernut's post)

Nah ini salah satu camilan eksotis, kentang ireng. Aku anggap ini camilan sehat yang cukup susah dicari apalagi di ibukota, kadang ketemunya suka tak sengaja, biasanya ada di pasar basah, atau di suatu pinggir keramaian, si abang penjual suka terlihat memelas, jualannya ya hanya kentang ireng ini sama rebusan gembili atau pisang. Aku merasa, sepertinya aku sendiri yang doyan ubi-ubian ini..tapi nyatanya ada juga yang jual... jadi mestinya aku ya ada kancane meski tidak banyak. Aku suka rasanya yang anyep-anyep gurih, kalau beruntung bisa dapat yang ukuran besar jadi puas makannya, tidak kecapean ngupas doang.

Pada saat aku hamil Ulan -anak kedua, aku pingin sekali makan kentang ireng ini (kata orang ini namanya sedang ngidam, tapi menurutku sih ya pingin biasa aja)..tapi karena yang pingin bumil ..maka semua jadi heboh. Suami sampai telpon ke Solo minta dicarikan barang ini. Akhirnya dapat juga stok dikirim ke Jakarta, aku ya seneng aja.

Setelah Ulan lahir, lha kok dia item manis...wah...kentang ireng dijadikan kambing hitam..terus ada yang ngundat2....seandainya aku ngidam kentang kuning tentu Ulan jadi kayak bule..
Woh ya aku menentang keras pendapat bahwa penyebab Ulan jadi item manis dikarenakan si kentang itu, aku tidak percaya sih dengan takhayul itu. Ulan itu kulitnya ya nurun buapaknya, titik. Selain itu, menurutku Ulan tidak item..dia itu coklat sawo matang, kalau manisnya..memang iya!

Pernah ngidam atau denger cerita ngidam yang aneh-aneh?

Orang Jakarta/Betawi suka memasukkan kentang ireng ini ke dalam sayur asem mereka. Dan mereka punya sebutan beda untuk jenis kentang yang satu ini, karena warnanya yang item dan suka ada kliwir-kliwir seperti rambut maka mereka menyebutnya....ah tidak tega aku!

20 komentar:

Boodeznee mengatakan...

Dulu waktu hamil aku pernah pengen banget makan duren. Padahal gak boleh sama dokter. Trus aku ngambek deh. Daripada ngambeknya kelamaan, suamiku beliin es krim duren 1/2 liter deh. Habis sama aku sendiri. Puassss rasanya.

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@desny: kaluk ndak diturutin..hanya satu kekuatiran suami..desny ngences2! qiqi

Anonim mengatakan...

aku ndak suka kentang ini mbak, rasane aneh menurutku, piye ngono lho rasane, ning foto kentange warnane cenderung ke coklat ya mbak

Diana mengatakan...

Waduh, aku ngidam apa ya? Kyknya ga sempet ngidam aneh2 deh, wong baek, huss ge-er! Yg kupernah dgr, ada yg ngidam makan batu bata digerus sih , itu yg plh ajaib dah, horas!

Ayik dan Ernut mengatakan...

@ely: mbak ely ndak suka ya..ya ndak papa deh..iya warnanya koq cenderung coklat..tapi nama dalam daptar udah bacut disebut ireng je..

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@diana: yg ngidam batu bata sebetulnya pingin ngidam rumah tapi malu kali mbak..

Haris mengatakan...

Pas istriku hamil, aku ngidam rujak dan mual-mual... he.he.he aneh ya

Tuti Nonka mengatakan...

Saya kenal kentang ini waktu masih kanak-kanak dulu. Memang bener, rasanya anyep, tapi sesudah agak lama, muncul gurihnya. Sekarang susah nyarinya (dan memang nggak pernah nyari ... hehehe )

Mbak Ernut, alamat "susuh" itu apa ya. Soalnya di blogrollku, nama Ernut itu menunjuk ke blog Duo Kribo. Lha alamat "susuh" sendiri nggak ada ...

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@erik: menurutku mualnya mas erik justru gara-gara makan rujak...gejala muntaber gitu..

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@tuti: hore..komen mbak tut masuk juga akhirnya...(sujud syukur...). Muahh!
alamat susuh: http://ulinulan.blogspot.com

kRucIaL mengatakan...

hahaha...
aku ndak pernah hamil mbak ^^ tp itu kentang ireng aku ndak taw yah, males makan ubi2an, suka lengket2, paling suka juga " telo " itu aj mbak!!!

Anonim mengatakan...

mbak... ternyata kentang yang dikukus, bermanfaat untuk pengobatan orang yg sakit jantung bocor, (gak tau istilah medisnya apa)

Ceritanya adik saya yg no 4 pernah mengalami sakit itu, awalnya , menurut dokter sebesar lubang ujung pena. Setelah rutin mengkonsumsi kentang kukus, saat dicek lagi lubangnya mengecil sebesar jarum (kata dokter). Yang menyarankan waktu itu seseorang yang sudah tua, di Bali.

Anonim mengatakan...

Surprised.. ada blog lutu dan unik.. Walaupun bukan termasuk golongan ibu-ibu.. tetapi saya ngakak baca postingannya.. Sippp.. :-D
Walau diawalinya dari sarana komunikasi duo kribo.. boleh di link kan?
BTW: kentang ieng di Jakarta namanya apa? Kok jadi penasaran...???

Salam kenal *kunjungan balasan*

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@krucial: weleh..ndak tau kentang ireng ya..keburu punah lho..btw, telo memang oye, bikin wareg! Tq udah berkunjung.

@ erik: syukurlah adik mas Erik nemu obat alam yg cucok, trus yg selobang jarum sekarang udah ilang sama sekali ta? amiin..

@denmasrul: tq udah mampir..kta link2an ya..unt nama lain kentang ireng itu...ihik tenan iki..aku ndak tega, ndak berani...sudahlah lupakan saja ya (lho..kok malah sampeyan jadi ndak bisa tidur gitu...qiqiqi)

Anonim mengatakan...

Pokoknya akan kucari sampai ketemu nama lain kentang ireng itu apa.. daripada nggak bisa tidur :-)

Ayik dan Ernut mengatakan...

ayik@denmasrul: kaluk udahg ketemu nama lainnya aku dibilangin ya Den...Nanti aku tak nggak bilang2 deh...

Anonim mengatakan...

wah ada kentang keling...aku sering mengidam2kan es krim teh hijau yg bener2 asli rasanya

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@nita: ek srim teh hijau...hm.. blum pernah nyoba (biasanya rasa durian dan kopyor..biasa banget ya-kasian)...teh ijo seringnya cuma tak seduh buat minuman...

Anonim mengatakan...

kalau kleci itu apa... kentang ireng atau kentang putih sing cilik2itu?.. weleh.. masih penasaran...

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut:denmasrul: qiqi..masih belum berhasil neh usahanya den? maap ya saya ndak bisa mbantu..(tapi aku dadi gantian penasaran terhadap kleci...malah belum pernah denger..tapi jangan tawarin tukar menukar meaning ya..)