Selasa, Oktober 14, 2008

SEJARAH DuoKribO!!

.
AUTIS GOES EKSTROVERT...



(Ayik & Ernut's post)



Setelah beberapa teman blogger nyeletuk tentang aneka keanehan DuoKribo..maka kita jadi terpanggil untuk berbagi..tentang muasal dan sejarah DuoKribo.


Terus terang, semua berasal dari kelakuan penyalahgunaan weblog. Tadinya kami manfaatkan blog ini sebagai model SMS yang canggih, layar lebar dan ada banyak gambar... (sungguh cucok dengan mata udzur ini). Tidak heran..komunikasi hanya terjadi dua arah, antara Ernut dan Ayik, dan isi post-pun sekadar kabar kinabar. Jumlah post jadi ndak karuan...sehari salah satu bisa posting sebelas judul, karena memang banyak cerita yang ingin dibagi. Bahkan pada bulan Juni 2008, total post 101!...syungguh terlalu! Bila Ayik sedang makan balur goreng, balur dia posting...Ernut membaca dan jadi ngiler, kemudian sampai rumah nggoreng ikan asin juga, kemudian dia posting.

Postingan kami singkat-singkat. Penuh gambar (Ernut suka motret)..Berisi banyak hal tidak mutu...bahkan moto kami "biar wagu yang penting lutu..qiqiqi.." Ngurus kerjaan sudah serius, ngurus anak bojo sudah dua-rius...bikin blog serius? kami tidak sanggup! Kami begini aja! Ernut dan Ayik berlanjut asyik dengan diri mereka sendiri...pokoknya AUTIS!

Kemudian...tak terelakkan ada yang iseng kirim komen. Kami terhenyak! Lho, ada yang baca juga to selain kita berdua? Wah, kamipun gantian berkunjung. Blog walking makin seru meski makin time consuming..banyak dapat teman baru, makin gayeng aja. Sampai akhirnya..."waduh Yik...kita akhirnya terpaksa go international nih..", yang kita tandai dengan pasang Visitor Counter pada tanggal 28 Agustus 2008, itu kami anggap tanggal resmi bergabung dengan komunitas bloger di mayapada ini.

Geli baca postingan kami pada awal bikin blog. Posting berikut ini kita publish pada tanggal 19 Mei 2008 di Sejarah DuoKribo.

DuoKribO RiwayatMu...



(ernut's post)

Setelah lama tak kabar kinabar..Sekitar Maret 2008...tiba-tiba Ayik sms-ku dengan isi sms yang tidak biasa. (Biasane kami sms seperlunya saja, menjelang lebaran atau dalam rangka memperingati Hari Kartini qiqiqi..atau kalo kita ultah..itupun harus saling memancing..misal pas ultahku..karena menduga dia pasti lupa hari bersejarahku itu..maka pagi-pagi ku-sms dia "halo Yik, happy birthday to Me"..sebentar kemudian, kuterima smsnya, berbunyi "Nut, happy birthday to you!" Alhamdulillah.

Akan tetapi sms-nya kali ini kurasa agak aneh dan..ternyata..memang aneh. Senssoor!! (isine bukan konsumsi publik, enak aja). Yang jelas, mulai dari titik kulminasi itulah..komunikasi kami yang tadinya hibernate (ngerti pora artine, Yik)..tiba-tiba terbangun bagaikan singa pules yang diguyur seember air es, kami mengauum! (serem yak!). Kami sms sangat intensif..dan beberapa hari kemudian menyadari bahwa layar HP secanggih apapun menjadi terlalu sempit bagi kami. Maka kami mutasi ke e-mail (secara layarnya agak lebih lebar gitu loh..dan amot akeh..cucok dengan kemampuan pandang kami yang mulai tuwir ini). Yahoo sangat berjasa menjadi media kami diskusi secara serius dan intensif..saking emosinya..kami sampe kepayahan dan pusing!..dan diantara diskusi berbobot kami (suit..suit)..mulai kami selipi dengan guyonan-guyonan yang ora nggenah sekedar pelepas dahaga (lho..haus to?). Kemudian Ayik berkata: "Nut..ayo kita agak canggihan dikit..bikin blog
yak!"
Kujawab: "Blog, apaan tu?"
Ayik menimpali; "Uh katrok..blog..yang ibunya bernama blogspot!"
Aku: "Horok, apalagi itu, emoh Yik, aku wedi.."
Ayik: "Pokoke! Aku arep bikin untuk kita. Bye.."
Begitulah kejadiannya...selanjutnya? Sabaar dunks!


Kemudian, untuk pertanyaan "mengapa DuoKribo?", jawabnya ada di post berikut ini, yang kami publish pada 21 Mei 2008 di Sejarah DuoKribo.


NAMA DUOKRIBO


(ernut's post)
Pada saat akhirnya ada kesepatakan untuk membuat blog, maka masalah pertama yang nongol adalah nama blognya.

Apa Nut? Ayik bertanya.

Apa Yik? Ernut gantian bertanya.

Bagaimana kalo "Dua Ibu Manis?" Ayik menawarkan, tapi terus isin dewe, terlalu narsis dia bilang.

Bagaimana kalo "Duo Kribo?" lontarku.

Ayik tak menjawab.

Tapi beberapa saat kemudian Ayik lapor bahwa blog telah selesai di-construct. Setelah tak buka, ya ampyuun...judulnya "Duo Kribo"..aku sumlengeren! Horok Yik, kok "Duo Kribo" temenan? padahal pas aku usul jane asal lho. Bahkan aku tak tau maksudnya apa dan tak bisa mempertanggungjawabkannya kelak di hari akhir. Kita khan tidak kribo, tahu banyak tentang Achmad Albar yang kribo-pun enggak, apalagi ngefans. Piye iki?

Kenapa terlontar "Duo Kribo"? Setelah tak pikir-pikir, mungkin ini gejala pola pikir manusia yang cenderung latah dan salah kaprah, baik oleh bahasa maupun oleh keadaan. Kalo aku dipancing dengan kata single Insya Allah keluar respon fighter, tiga..dara, empat..sekawan,..lima..sempurna. Duo? ya..kribo! wekekek! Jadi itu saja alasannya..so simple, so katrok!

Namun, namanya kancil, tak kurang akal.."Duo Kribo" akhirnya justru kami jadikan simbul bahwa kami ini lucu, aneh, norak (tapi ayu-ayu) dan wagu keporo rodo gemblung...(Kalo kami kribo trus bikin blog "Duo Kribo"..mana lucunya? Mana? ...)

Naahh...begitulah kisahnya...kupas habis tentang DuoKribo, silakan mampir di http://sejarahduokribo.blogspot.com/.



Kami menyadari...kami banyak menggunakan Bahasa Jawa dalam postingan kami, tentu ini menyulitkan teman-teman yang bukan orang Jawa, apalagi bukan orang Indonesia..mohon maaf untuk itu...bukan bermaksud sukuisme..tapi kaluk pakai bahasa Indonesia yang baik dan benar kami tidak bisa lucu...qiqiqi...(jadi yang ndak ngeh basa jawa, dikira-kira aja ya...). Mohon maap juga, bahasa kami suka katrok, ada yang kasar dan tidak well-educated..semua itu tak lain karena disengaja! (horok, sungguh terlalu, pinter ngeles). Namun jujur, aslinya kami ini ayu-ayu dan lembut..(makhluk halus).


Terakhir, kami tergelitik untuk untuk menjadikan "SEJARAH BLOG" sebagai tag...kami juga pingin tahu bagaimana sih sejarah terlahirnya blog teman-teman? Lontaran pertama kami mengajukan tanya kepada:
1. Ibu Dyah Sumiar di http://dyahsuminar.com/. Dalam kesibukannya..masih sempat berbagi cerita di dunia maya...Kami yang pemain baru merasa banyak ketinggalan kisahnya...


2. Mbak Kenny di http://coretan-kenny.blogspot.com/. Piye critane dari Penang, mbak?



Rasanya cukup dua dulu saja...kaluk banyak-banyak takut pada marah...kaluk yang dua ini marah...toh hanya dua...Ee..siapa tahu malah bisa berantai..khan jadi ramai...

Maturnuwuuunn...

(catatan: ini posting terpanjang)


Tidak ada komentar: