Jumat, Mei 30, 2008

Huzarensla

(ayik's post)
Dalam rangka reuni dengan Ernut di KS kemaren aku bertemu kembali dengan penganan favoritku yang satu ini.HuzarenSla alias slada husar, makanan ini konon asalnya dari negeri belanda. Aneka sayur dan buah dikumpul menjadi satu, bumbunya aku ya ra patek mudheng, yang jelas ada mustard dan mayones yang diublek bersama : kentang,buncis,wortel,kacang polong,jagung manis, (semua direbus dulu), tambahkan keju irisan,daging asap, dan bawang bombay. Rasanya manis, agak kecut asem, penampakannya memang tidak seger berkuah karena litrek2. Kalau bukan orang yang doyan, pasti agak gilo-gilo piye gitu lho sama jenis makanan yang satu inih.Disajikan bersama rebusan telur dan irisan bawang bombay seger digarnis dengan daun slada dan buah tomat segar.
Buat aku pribadi, yang satu ini termasuk makanan favorit. Hampir kalau ada pesta yang prasmanan ( di solo jarang2 standing party) maka menu ini yang selalu pertama aku cari. Kadang aku gak makan menu lain yang penting puas2in dengan huzarensla inih...., secara aku gak bisa bikin sendiri. namun tak kurang akalku, kalau sudah ngebet banget, aku bikin aja slada buah yang seringkali terdiri dari : semangka, melon, jeruk bali, strawberry segar,nanas, jagung manis. Diublek dengan mayones dan sedikit gula halus, tambahkan air jeruk. Rasanya memang beda dengan yang di KS, tapi lumayan lah buat obat kepengin....Apalagi kalau dibiarkan sesaat dalam lemari pendingin. Yummy.......
Sekarang, tak usah risau lagi, karena Hypermart sudah menyediakan aneka slada lengkap dengan saus dan topingnya. Tapi, secara kalori, slada ternyata mengandung kalori yang lumayan tinggi, mungkin dari saus kejunya ya....

Tidak ada komentar: