Senin, Mei 05, 2008

SaVe THe ENeRGy

(ernut's post)

Berhubung dunia ini makin panas dan sudah bikin peringatan-peringatan (maksudnak global warming gitu loh)..maka tip hemat listrik ini tak pikir-piki penting juga:

1. Gunaken lampu hemat energi (LHE) (CK house mah udaah..)

2. Matiken lampu dan alat elektronik yang tidak digunaken. Avoid pemakaian alat elektronik secara berbarengan. (naa..ini nyang kadang-kadang lupak!)

3. Permudah sinar matahari pagi dan sore memasuki ruangan. (alhamdulillah, berkat doa restunya, CK udah juga..jendela-jendela lumayan lebar dan ada kacanyah..)

4. Gunaken mesin cuci atau alat listrik sesuai kapasitasnyah. (wah..ini nih si embak nyang kudu dikasih ngerti)

5. Menyetrikah pakaian sebaiknya sekaligus, jangan sepotong-sepotong. (kayaknya si embak udah begitu..sesekali ajah ada permintaan strika krudung yang ternyata njengkrut padahal mo dipakek)

6. Gunaken bak penampung air supaya pompa air tidak sering mati-nyala. (alat otomatis si dipasang..mbantu ngirit nggak ya?)

7. Jangan nyalaken magic jar secara terus menerus 24 jam. (he..he..yang mejik begini kagak punya..mo beli belum ada warna yang cucok!)

8. Temperatur AC cukup 25 derajat celcius..serta gunaken timer, sehingga AC beroperasi saat dibutuhken ajah. (25? nyang bener ajah..Ulan ini suka stel 16 derajat..wah gawat:..Ullaan!)

9. Bila tinggalkan ruangan dalam waktu lama, matikan komputer atau atur posisi standby. (Insya Allah..)

10. Pilih warna dinding terang, warna terang memantulkan cahaya dengan lebih baik. Warna gelap lebih menyerap cahaya dan membutuhkan lampu dengan watt lebih besar. (Ck..udah juga sih..krem)

(source: PT PLN Jawa Barat, alih bahasa n komen norak: ernut)



Tidak ada komentar: