Jumat, Juli 11, 2008

Lotek & Rujak Cingur (ku)





(ayik's post)
Nyaris di ujung jalan Kartini,depan SMP N 3 Solo, dekat pelataran parkir minimarket Atria ada sebuah warung tenda. Yang jual namanya bu Tutik, adalah langgananku sejak masih kuliah di FISIP. Tapi aku gak ingat lagi siapa teman yang pertama kali mengajakku mengenal ragam kuliner satu ini (jangan2 kamu, Nut). Tapi buat aku sudah gak penting mengenai siapa yang pertama mengajakku kesana, yang penting dan patut diingat adalah cita rasa menu diwarung ini patut direkomendasikan kepada kawan.
Menu andalannya adalah lotek, rujak cingur, gado2, rujak dan lotis. Seperti yang kita tahu, betapa lotek dan rujak cingur adalah penganan kaya gizi, karena berbaur disana aneka sayuran hejo bergabung bersama sumber protein tahu-tempe goreng dan telur rebus. Diguyur, tepatnya diuleg bersama bumbu sambel kacang goreng yang mmmuahhhh...gurih dan pedasnya passs!. Khusu untuk rujak cingur, masih ditambahkan bumbu petis dan irisan anek buah segar seperti nanas,mangga muda, ketimun dan protein hewani sebagai gong nyuss nya yaitu...kikil dari cingur sapi...wuiiih, kenyil2 gurih gitu lho....Finishingnya adalah toping krupuk merah jambu moronyoi yang diremet dengan penuh kasih sayang, jadi hasil remetannya bukan hancur lebur berlapis baja, tapi kepingan2 sedang. Cantik euuy...!
Kalau yang niat mengganjal perut sebagai lunch ya tinggal order bu Tutik supaya menambahkan irisan lontong kedalamnya. Buat yang diet karbo, cukup bilang tanpa lontong. Gampang toh ?

Tidak ada komentar: