Jumat, Juli 04, 2008

Menjebak Momen


(ernut's post)

Tadinya kalau aku ingin mengabadikan gambar anak-anak yang sedang main prosotan, atau sedang naik jet coaster, sedang meluncur dengan flying fox atau obyek bergerak (cepat) lainnya...hasil fotonya selalu blur..tidak jelas dan yang paling sering malah terlambat..maunya memfoto pas sedang mangap, tapi saat dijepret sudah keburu mingkem!..piye iki..
marahsengihnampakgigi

Akan tetapi.
Setelah mambaca thithik teori tentang fotografi..wah..jadi nambah juga ilmunya..ternyata mengabadikan obyek bergerak ada kiatnya (woh..kasih tahu dari dulu napa?). Ilmu yang kudapat, adalah dengan cara "menjebak momen", caranya sebagai berikut: untuk mendapatkan hasil gambar seperti Ulin sedang loncat di kolam renang ini, yang aku lakukan pertama-tama adalah membidik terlebih dahulu tempat kira-kira dimana Ulin akan melakukan lompatan (pada saat itu Ulin-nya belum melompat lho..mungkin dianya masih keceh di tempat lain, atau malah masih makan di restoran..lho, masak sih?)..
Nah, pada saat membidik itu, cari benda apa saja yang ada pada area bidik untuk dijadikan fokus sementara..tekan tombol klik-nya setengah gerakan saja untuk cari fokusnya...nah...pas Ulin lompat tunggu sampai dia berada pada area incengan kita...segera klik! kejebak deh... Hasilnya, kita bisa tangkap gaya Ulin pas sedang lompat dengan posisi gambar di tengah sesuai harapan.
tepuktangan Sip. Siap praktekkan!

Tidak ada komentar: