Sabtu, Juni 28, 2008

Jadah Bacem




(ernut's post)
Belum juga nyampe Kaliurang, Ayik sudah memberiku PR untuk nemu jadah bacem mbah carik, khas thotholan Kalirang katanya. Tadinya aku belum bisa bayangin apaan jadah bacem? dimana pula nemunya? sungguh aku tidak mobile di Kaliurang ini, disamping acara yang padet. Dapet ngliat dan ngrasain ya sukur..ndak ya apa boleh buat.
Eh ndilalah, baru check in, langsung ada mbak-mbak yang ndoprok di depan kamar sambil menawarkan dagangan..lha kok jadah bacem. Oo..ini to! Meski bukan produk mbah Carik....tapi karena aku bukan ahli masak..maka aku anggap saja sama rasa antara buatan mbah Carik.... dan mbak Aan ini.
Jadah, (meski ada beberapa daerah yang lidahnya kelu kalau mengucap kata itu karena dapat diartikan sesuatu yang haram jadah..tapi orang jawa cuek aja..wong itu makanan empuk menur-menur terbuat dari ketan), buatan Kaliurang ini lembut dan anget (kalau baru saja selesai diangetin) . Orang Kaliurang suka makan jadah bersamaan dengan bacem tempe atau tahu, ditambah ceplusan lombok jemprit..rasanya nyem-nyem dan bikin wareg. Sempat kubeli beberapa bungkus untuk oleh-oleh Yangti di Jakarta.
Hanya..yang bikin kecut dan gelo Yik..ternyata pas waktunya kita pulang, ..pada saat keluar hotel baru beberapa meter..lha kok lewat warungnya Mbah Carik-mu itu... ..ternyata jaraknya hanya selemparan batu dari hotel, ya deket patung udang itu..horok banget..begini rupanya katak dalam tempurung itu, di luar tempurung ada mbah Carik ya ora ngerti...jangankan ngicipi..men-foto warungnya aja jadinya nggak sempat (apa daya, aku sudah terlanjur di dalam mobil yang mulai tancap gas). Maapkan aku ya Yik...

Tidak ada komentar: