Selasa, Juni 17, 2008

Mainan Anak kampung



(ayik's post)
Jaman aku cilik, rasanya banyak bener acara mainan (bermain) yang biasa kami lakukan diluar rumah yang tidak menggunakan alat yang ribet tapi sudah cukup membuat hati gembira ria. Secara waktu itu, tahun 70-an, chanel TV cuma ada satu-TVRI Pusat Jakarta, itupun jam tayangnya setelah jam 17.00 dan berakhir jam 24.00 theng kayak jam malemnya Cinderella.
Yang masih aku ingat betul, di kampung Kedunglumbu (selatan BTC,sekarang) kami anak-anak kampung punya tempat favorit namanya Latar Jembar atau tanah lapang yang luassss...letaknya ditengah perkampungan Kedunglumbu yang hampir separohnya berpenduduk keturunan etnik Arab. Jadilah anak jawa berbaur dengan para encik cilik, sayuk rukun memainkan aneka game nDesa yang cukup menghibur, ada : lompat tali, cublak2 suweng, betengan, goBag Sodor yang konon di Jawa ken dari tembung Go Back Through The Door, lalu dhelikan (peTak umpet), cekCu, bengkot, engklek...waah masih banyak lagi kale' mainan tradisional khas anak2 kampung.
Jaman saiki, aku sudah jarang banget liat anak2 kita mainan yang beginian. Jaman Karin-Aizs-Ulin dan Ulan tentu sudah beda lagi, apalagi buat anak2 yang tinggal di kota-kota besar, mungkin game2 di TimeZone lebih menarik dari sekedar mainan ndesa ini.
Tapi sesekali Karin & Aizs masih memainkan " Sedhingklik oglak-aglik", itu mainan yang terdiri dari 3 atau 4 personil yang saling berdiri memunggungi dan bergandengan tangan. Lalu satu kaki saling ditumpangken sehingga saling berkait. Pegangan tangan dilepaskan dan dengan satu kaki yang bebas mereka melompat2 sambil nyanyi " a..sedhingklik oglak-aglik..." sampai buyar kaitan kaki nya, biasanya didauhului dengan jatuh terduduknya salah satu diantara pemainnya...girang banget kalau sudah begitu....
Aku jadi inget duluuu waktu masih kecil, biar badan bongsor begini seringkali dianggep unthul bawang oleh para anak2 yang merasa lebih tuwa. Kalau main dhelikan aku sering ditipu, pas aku yang jadi, mereka ngumpetnya...bablas pulang kerumah masing2..., walhasil sudah lama2 nyarinya, sudah gemrobyos karena takut pencokan di encoki...eh..ternyata aku ditinggal pulang. Mau protes kagak berani, mau nangis malu sendiri. Akhirnya pulang dengan hati dongkol. Tapi anehnya besoknya main lagi, dikerjain lagi......
Yang sampai sekarang masih aku inget, kalau habis mainan hari sudah malem dan kita harus pulang kerumah masing-masing, maka selalu kompak kita nyanyi bareng sambil tepuk tangan, lagunya begini..." Bar Ji Bar Beh, silit babi mubal kabeh...!" halaahh...nggilanik pisan yak ?

Tidak ada komentar: