Jumat, Juni 20, 2008

Odhong-Odhong Babeh JM



(ernut's post)
Hampir setiap sore, bisa dipastikan di depan CK parkir sebuah odhong-odhong, odhong-odhong milik Babeh JM (setidaknya itulah merk yang tertulis di bodi-nya). Tak tahu barang ini usum ndak di Karanganyar. Odhong-odhong adalah menyerupai becak yang dimodifikasi habis, sehingga terdapat beberapa dudukan aneka bentuk (bisa binatang atau bentuk lain) yang bisa dinaiki anak balita secara bersamaan. Dudukan itu dapat bergerak naik turun bila si empunya odhong-odhong menggenjotnya dari sadel belakang. Seperti komedi putar mini-lah..hanya saja tidak berputar-putar geraknya, tapi naik turun enjrut-enjrutan ditempat.
Untuk menarik perhatian, odhong-odhong ini dilengkapi dengan musik yang biasanya distel keras-keras..sehingga anak-anak yang tadinya pada liyer-liyer di rumah, segera rewel untuk minta diantar mamaknya naik odhong-odhong, sehingga tak lama segera terjadi kerumunan masa di depan CK. Satu naikan Rp. 1000, untuk kira-kira lima menit. Anak-anak riang gembira, Babeh JM riang gembira juga nggenjotnya karena ada upahnya.
Ulan sendiri, sebagai penguasa lahan di situ sudah akrab dengan Babeh JM. Hanya sayang, karena dia sudah merasa tak lagi balita, dia sudah tidak kepingin ikut naik-naik odhong-odhong itu..disamping dia juga maklum akan bobot bodinya (30 kilogram). Seandainya Ulan masih suka, pasti gratis deh. Betul khan, Beh?
(Tertarik bikin bisnis beginian Yik, bisa buat obat langsing juga lho, kalau engkau yang ngegenjot).

Tidak ada komentar: